Masuk Zona Hijau, Tiga Wilayah di Sulawesi Tengah Bisa Terapkan New Normal

  • Whatsapp
Masuk Zona Hijau, Tiga Wilayah di Sulawesi Tengah Sulteng Bisa Terapkan New Normal
Ilustrasi new normal

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiPemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona menyebut tiga wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) masuk zona hijau.

“Presiden Jokowi memerintahkan Ketua Gugus Tugas untuk memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah kabupaten dan kota yang saat ini berada dalam zona hijau. Untuk melaksanakan kegiatan new normal masyarakat produktif dan aman virus corona,” jelas Doni Monardo di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Sabtu 30 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

Tiga wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) masuk diantara 102 kabupaten dan kota zona hijau yaitu Kabupaten Donggala, Tojo Una-una dan Banggai Laut.

Adapun 102 wilayah itu meliputi Provinsi Aceh ada 14 kabupaten dan kota, Sumatera Utara ada 15 kabupaten dan kota, Kepulauan Riau ada tiga kabupaten, Riau dua Kabupaten, Jambi satu kabupaten, Bengkulu satu kabupaten, Sumatera Selatan empat kabupaten dan kota, Bangka Belitung satu kabupaten dan Lampung dua kabupaten.

Kemudian Jawa Tengah ada satu kota, Kalimantan Timur satu kabupaten, Kalimantan Tengah satu kabupaten, Sulawesi Utara dua kabupaten, Gorontalo satu kabupaten, Sulteng tiga kabupaten, Sulawesi Barat satu kabupaten, Sulawesi Selatan satu kabupaten, Sulawesi Tenggara lima kabupaten dan kota.

Selanjutnya, Nusa Tenggara Timur ada 14 kabupaten dan kota, Maluku Utara dua kabupaten, Maluku lima kabupaten dan kota, Papua 17 kabupaten dan kota serta Papua Barat lima kabupaten dan kota.

Dalam implementasinya, ia sangat mengharapkan agar tiap-tiap kabupaten dan kota itu dapat tetap meneruskan anjuran pemerintah. Untuk selalu menegakkan protokol kesehatan secara ketat, penuh kehati-hatian dan tetap waspada terhadap ancaman virus corona.

Selain itu juga, Doni meminta setiap daerah untuk wajib memperhatikan ketentuan tentang testing yang masif, tracing yang agresif, isolasi yang ketat, serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien virus corona.

Pada kesempatan yang sama, ia memberikan arahan kepada para bupati dan walikota, selaku ketua Gugus Tugas tingkat kabupaten dan kota. Agar proses pengambilan keputusan harus melalui FORKOPIMDA dan Dewan Permusyawaratan Rakyat Daerah (DPRD).

Serta, melibatkan segenap komponen ‘pentaheliks’ yang meliputi pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyarakat dan media massa.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.