Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Gunakan Senjata Rakitan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Penangkapan Seorang pria, diyakini sebagai tersangka penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe oleh petugas polisi di Stasiun Yamato Saidaiji di Nara, Prefektur Nara, Jumat (8/7/2022). (Sumber Foto The Yomiuri Shimbun/via REUTERS)

Hukum, gemasulawesi – Pelaku ternyata hanya menggunakan senjata rakitan saat menembak mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Pelaku diketahui bernama Tetsuya Yamagami berusia 41 tahun dan tidak memiliki pekerjaan tetap. Posisi Tetsuya Yamagami tepat berada dibelakang Shinzo Abe sebelum ditembak yang berujung tewasnya mantan perdana menteri Jepang tersebut.

Yamagumi terlihat berdiri dari jarak dekat saat Shinzo Abe naik ke podium dan berbicara kepada calon pemilih di luar Stasiun Yamato-Saidaiji, Kintetsu di Nara sebelum ditembak. Tersangka terlihat berjalan di belakang Abe, yang berdiri di tangga persimpangan, sebelum melepaskan dua tembakan dari pistol sepanjang 40cm yang dibungkus pita hitam. Di sana, dia ditangkap polisi.

Yamagami dikenal sebagai penyendiri yang tidak merespon saat diajak bicara, menurut tetangganya. Dia yakin Abe mempromosikan kelompok agama yang disumbangkan ibunya untuk membuatnya bangkrut, kata Kantor Berita Kyodo, mengutip sumber investigasi.

Ibu saya terlibat dalam kelompok agama dan saya membencinya,” tulis media Kyodo dan media lokal setempat lainnya, mengutip dari kepolisian.

Polisi Nara menolak untuk mengomentari rincian yang dilaporkan oleh media Jepang tentang motif Yamagami. Yamagami membuat senjata dari suku cadang yang dibeli secara online dan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merencanakan serangan saat berpartisipasi dalam acara kampanye Abe lainnya, termasuk satu hari sebelumnya di jarak sekitar 200 km.

Baca: Antisipasi Bencana Alam, BPBD Palu Tinjau Lokasi Buat Gudang Logisitik

Dia merencanakan serangan sebelum memilih senjata, menurut penyiar publik NHK. Tersangka mengatakan kepada polisi bahwa dia membuat senjata dengan membungkus tabung baja dengan selotip, beberapa dengan tiga, lima atau enam tabung, dengan suku cadang yang dibeli secara online.

Polisi menemukan lubang peluru di tanda yang dipasang di mobil pedesaan di dekat lokasi penembakan yang diyakini berasal dari Yamagami, kata polisi, Sabtu. Video menunjukkan Abe berbalik ke arah striker setelah pukulan pertama sebelum dia jatuh ke tanah setelah pukulan kedua. (*/Fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Polisi Ringkus Residivis Asal Parimo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.