Jumat, April 23, 2021

Parigi Moutong Dorong Pengusaha Manfaatkan Tol Laut

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Pemda Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mendorong pengusaha manfaatkan tol laut untuk meningkatkan perdagangan.

“Tol laut dapat memperluas jangkauan pasar, hingga ke berbagai pelosok negeri,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Moh Yasir, di ruang kerjanya, Senin 8 Maret 2021.

Dengan manfaatkan tol laut kata dia, pengusaha di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, bisa meraup keuntungan lebih. Pasalnya, biaya akomodasi komoditas yang dipasarkan bisa lebih murah.

Ia menuturkan, di Parigi Moutong sendiri ada beberapa komoditas unggul dengan produksi melimpah, yang bisa dipasarkan ke luar daerah.

Misalnya, komoditas beras, rempah-rempah, buah-buahan atau komoditas lainnya. Dengan manfaatkan tol laut, target pasar bisa dibidik.

Baca juga: Efisien 25 Persen, Ekspor dari Pelabuhan Pantoloan Kota Palu

Rute kapal tol laut ke Parimo itu, sekitar dua kali dalam satu bulan. Ini mesti dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” sebutnya.

Jadi, tidak hanya membongkar muatan yang akan dipasarkan di Parigi Moutong saja. Namun, pengusaha bisa ekspansi produk unggulan ke kabupaten atau provinsi tetangga.

Contohnya, target pasar di Bitung atau di Manado. Kedua tempat itu adalah rute persinggahan kapal tol laut.

“Pelabuhan di Tinombo, Parimo, juga mesti dioptimalkan,” tuturnya.

Apalagi, banyak komoditas unggulan di wilayah utara Parimo, Sulawesi Tengah. Setiap jadwal rute persinggahan mesti pengusaha manfaatkan dengan baik.

Untuk itu, Disperindag Parimo segera mendata pengusaha, agar bisa manfaatkan tol laut. Serta, akan disosialisasikan secara detail keuntungan akomodasi antar wilayah itu.

“Sebagai catatan, kapal tol laut ini hanya membutuhkan tiga hari, untuk dapat sampai ke pasar di Sulawesi Utara. Ribuan ton barang dalam satu kali muat,” terangnya.

Pemerintah pusat menyebutkan, program tol laut merupakan salah satu kebijakan andalan. Ini untuk menjangkau dan mendistribusikan logistik ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan di Indonesia.

Adanya kebijakan manfaatkan tol Laut ini, bertujuan utama untuk menurunkan tingkat disparitas harga, yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Wilayah Indonesia yang sebagian besar disatukan lautan membuat konektivitas laut yang terintegrasi sangat penting.

Konektivitas antar wilayah di Indonesia merupakan fokus utama dalam menjalin keterhubungan setiap wilayah Indonesia.

“Kami akan meminta data dari Kadin Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Terkait pengusaha yang akan memperluas jangkauan pasar menggunakan tol laut,” tutupnya.

Baca juga: FKS Tawarkan Dua Sistem Pemasaran Sarang Burung Walet

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article