Bikin Ngiler! Berikut 12 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Rujak Aceh. (Foto/Ummah ID)

Kupas tuntas, gemasulawesi – Makanan khas Aceh umumnya terkenal memiliki cita rasa rempah yang kuat dan pedas. Dengan lidah masyarakat Indonesia yang suka makanan berempah, tidak heran banyak yang menyukai kuliner ini meskipun bukan orang asli Aceh.

Kalau kalian sedang pergi ke Aceh atau sedang menetap disana, akan rugi jika tidak menjelajah berbagai macam kulinernya. Tidak perlu mengunjungi restoran mewah, kuliner khas Aceh banyak ditemukan di tempat makan biasa bahkan pinggir jalan. Banyak juga hidangan unik yang akan kamu temui jika berbicara tentang makanan Aceh.

12 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

Mungkin kalian sudah mengenal beberapa kuliner khas Aceh yang populer, salah satunya Mie aceh yang sudah terkenal hingga di mancanegara. Namun masih banyak sekali lho menu lain yang wajib Kamu coba karena rasanya yang nikmat dan unik. Yuk simak 12 makanan khas Aceh berikut!

  1. Mie Aceh

Siapa disini yang belum pernah mendengar Mie Aceh? Pasti sudah banyak yang tahu kan? Salah satu kuliner paling terkenal dan favorit dari Aceh ini memiliki rasa yang otentik dan kaya akan rempah. Bahkan di Indomie pun sampai ada rasa Mie Aceh karena saking terkenalnya.

Mie Aceh memiliki tekstur yang kenyal dipadu dengan bumbu pedas gurih yang nikmat. Terdapat dua pilihan mie kuah atau mie goreng, Mie Aceh biasa dipadukan dengan telur, kepiting, daging, dan aneka seafood.

  1. Sate Matang

Dinamakan sate matang, bukan hanya karena penyajiannya sudah matang saja, namun karena berasal dari Kota Matang Glumpang Dua, Bireun. Sate ini menggunakan bahan utama yakni daging kambing. Namun banyak pedagang yang mulai menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar karena mahalnya harga daging kambing.

Baca: Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Cara pembuatannya tidak jauh berbeda dari sate biasanya, yakni daging sate dimarinasi terlebih dahulu sebelum dibakar agar mendapatkan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Yang membuat sate ini berbeda yakni bumbu siramnya.

Jika di jawa memakai bumbu kacang, di Aceh sate ini memakai bumbu rempah seperti cengkeh, kapulaga, merica dan bunga lawang yang memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat.

  1. Kuah Masam Keu-Neung

Sekilas menyerupai kuah kari, kuah Keu-Neng memiliki rasa yang lebih menyegarkan dan memiliki cita rasa sedikit masam seperti namanya. Makanan khas Aceh ini menggunakan ikan seperti tenggiri, kakap, bandeng, atau tongkol sebagai bahan utamanya.

Kemudian ikan tersebut direbus dan dibumbui dengan aneka rempah seperti cabe, kunyit, jahe, bawang merah, daun jeruk dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang tentu saja nikmat, dijamin aroma dari masakan ini juga pasti sedap dan wangi.

Baca: 20 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Perlu Dicoba

  1. Ungkot Kemamah

Selain namanya yang unik, cara pembuatan masakan ini juga lumayan unik. Menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasar, kemudian lauk tersebut direbus dan dikeringkan. Agar tidak hambar begitu saja, kuliner ini dicampurkan dengan berbagai bahan penyedap seperti santan, cabai hijau, kentang dan rempah lainnya.

Dulunya masakan ini dibuat pada zaman penjajahan karena bisa tahan lama. Karena harus melewati proses pengeringan terlebih dahulu, olahan ikan tuna ini tidak akan mudah basi dan bisa digunakan sebagai lauk oleh para penjajah.

  1. Kuah Pilek U

Makanan khas Aceh satu ini terbuat dari ampas minyak kelapa tua yang sudah diperas minyaknya terlebih dahulu. Masakan ini tambah nikmat karena ada bahan pelengkap lain seperti buah melinjo, kecombrang, pepaya, dan kacang panjang.

Untuk menambah rasa dan kenikmatan, kuliner ini ditambahkan belimbing wuluh segar yang dikeringkan. Dahulu masakan ini dibuat sebagai lambang kekerabatan masyarakat Aceh.

  1. Mie Jalak

Mie dengan topping komplit ini pasti membuat siapa saja yang melihatnya tergugah untuk menyantapnya. Mie jalak merupakan makanan ala china yang dimasak menggunakan kuah kaldu gurih dan segar.

Biasa disajikan dalam mangkuk, mie jalak memiliki aneka topping seperti tauge, daging, daun bawang dan telur rebus. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi. Jika Kamu ke Aceh, jangan lupa mencicipi menu satu ini ya.

Baca: 8 Surga Kuliner Malam Jakarta, Harga Merakyat Wajib Buat Dicoba!!

  1. Ayam Tangkap

Tidak hanya memiliki aroma khas, rasa dan penampilan ayam tangkap juga khas lho. Disajikan dengan berbagai macam daun-daunan seperti daun jeruk, daun kari dan daun pandan, masakan ini tetap memiliki sensasi kriuk meskipun sudah dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah.

  1. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Tiek merupakan makanan andalan masyarakat Aceh yang sangat nikmat dimakan bersama nasi hangat. Disajikan dalam dua variasi kuah, kamu bisa memilih antara kuah merah yang pedas dan didominasi oleh cabai atau kuah putih seperti opor yang tidak pedas.

Menggunakan bebek sebagai bahan utamanya, kalian tidak perlu khawatir akan bau anyir atau daging yang keras karena daging bebek sudah diolah dengan baik sebelumnya.

  1. Rujak Aceh

Bagi kalian yang suka dengan rujak wajib sekali untuk mencoba makanan khas Aceh satu ini. Berbeda dengan  rujak pada umumnya yang menggunakan buah segar, rujak aceh justru menggunakan buah pisang muda dan buah rumbia sebagai salah satu campurannya.

Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual makanan ini, sehingga Kamu yang sedang pergi ke Aceh tidak akan susah payah untuk menemukannya jika ingin mencoba. Rasa pedas, segar dan sedikit sepat pada rujak ini akan menggoyang lidahmu saat mencicipinya.

Baca: Auto Ngiler! Ini Dia 30 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Dicoba

  1. Kue Timpan

Setelah makanan berat, kini ada makanan ringan yang bernama kue timphan dan termasuk kuliner khas Aceh. Kue ini banyak dijumpai di hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha karena biasa dibuat pada hari penting saja.

Menu tradisional ini terbuat dari santan, tepung ketan, air kapur sirih dan juga pisang raja yang sudah dihancurkan untuk dijadikan kulitnya. Isian dari makanan ini yakni buah nangka yang sudah dipotong, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

  1. Martabak Aceh

Siapapun pasti tergiur dengan martabak satu ini. Kulitnya yang dibuat dari bahan dasar roti canai serta bumbunya yang kuat akan rempah mampu menaikkan mood pecinta kuliner.

Tenang saja bagi kalian pecinta acar, martabak aceh dilengkapi juga dengan acar beserta irisan bawang merah dan cabai rawit. Sungguh menggoda bukan?

  1. Kue Adee

Biasa disebut kue bingkang, kue ini memiliki rasa yang manis namun legit dan lembut. Tidak seperti kebanyakan kue yang menggunakan campuran telur ayam sebagai adonan, kue ini menggunakan telur bebek lho.

Dikocok bersama gula hingga mengembang, adonan ini lalu ditambahkan santan kental, margarin, tepung terigu, vanili dan sejumput garam. Meskipun sederhana, rasa kue ini sangat nikmat dan cocok sebagai teman ngopimu di sore atau pagi hari.

Jangan Lupa Mencoba Makanannya Ya Sob!

Nah itu dia 12 makanan khas Aceh yang bisa kamu temui di Aceh saat berkunjung kesana. Atau jika ada makanan khas tersebut di daerahmu, kamu bisa menjalaninya meskipun rasanya pasti agak berbeda dengan daerah asalnya. Kamu juga bisa menemukan menu makanan khas daerah lainnya di blog kami Gema Sulawesi ini. (*/Fan)

Baca: Korupsi Honor Satpol PP Makassar, Kejati Segera Tetapkan Tersangka

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Komentar

  1. Website yang sangat bagus mengupas tentang berita. jika berkenan kunjungi situs pantaingedan.com dan berikan komentar yang memberikan semangat untuk membuat website semakin baik. Karena saya masih nol perlu belajar kepada yang lebih berpengalaman.

Sudah ditampilkan semua