Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Mahkamah Agung: Media dan LSM Pilar Kekuasaan ke-4

Mahkamah Agung: Media dan LSM Pilar Kekuasaan ke-4
Foto: Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung Republik Indonesia, Sobandi menegaskan, media dan LSM adalah pilar kekuasaan keempat di negara demokrasi.

Gemasulawesi– Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung Republik Indonesia, Sobandi menegaskan, media dan LSM adalah pilar kekuasaan keempat di negara demokrasi.

“Karena perkembangan zaman yang modern, muncul pilar keempat, yaitu teman-teman media dan LSM,” kata Sobandi dalam acara Coffee Morning diselenggarakan di Media Center Harifin A. Tumpa, Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat 3 September 2021.

Media dan LSM pilar keempat negara demokrasi merujuk pada tiga pilar kekuasaan dicetuskan Montesquieu bagi negara menganut sistem demokrasi. Tiga pembagian kekuasaan itu dikenal dengan ajaran Trias Politika.

Baca juga: Oknum LSM Diduga Peras Kepala Desa Majene

Kekuasaan pertama adalah eksekutif sebagai pelaksana undang-undang. Kedua adalah legislatif sebagai pembuat undang-undang. Dan ketiga adalah yudikatif sebagai pengawas pelaksanaan undang-undang.

Pilar keempat, tutur Sobandi, adalah media dan LSM berperan sebagai pemberi kritik dan saran kepada pemerintah untuk memperbaiki keadaan.

“Bukan hanya menyanjung atau memberitakan yang baik-baik, kritik dan saran kami butuhkan untuk memperbaiki keadaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, mantan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini mengatakan, dia siap berkoordinasi, bekerja sama, dan memberikan informasi kepada media untuk bersama-sama menjalankan fungsi dan peran masing-masing.

Kendati demikian, informasi diberikan harus sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Harus dipahami tidak semua informasi bisa diberikan kepada publik,” tambahnya.

Ia mengatakan, komitmen MA untuk menjalin koordinasi dengan media tercermin dari salah satu programnya sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas MA, yaitu menyediakan waktu khusus bersama jurnalis, minimal sebulan sekali.

“Ini komitmen saya. Saya siap bekerja sama dengan teman-teman media,” katanya.

Baca juga: Perkuat Pengawasan Pembangunan, Parigi Moutong Adopsi E-Monep Gorontalo

Sobandi dilantik menggantikan Abdullah yang meninggal dunia

Pada hari Senin 30 Agustus lalu, Sobandi dilantik menjadi Kepala Biro Hukum dan Humas MA RI Sekretaris MA RI Hasbi Hasan di Lantai II Gedung Tower Mahkamah Agung, Jakarta.

Sobandi mengganti Abdullah yang meninggal dunia pada bulan Oktober 2020.

Sobandi pernah menjadi ketua majelis hakim perkara First Travel dan mengadili tiga terdakwa, yaitu Andika Surrachman, Aniessa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan.

Ketiga terdakwa itu terlibat dalam penipuan dan penggelapan uang milik 63.310 calon anggota jemaah umrah dengan total kerugian mencapai Rp905 miliar. (****)

Baca juga: Jaksa Agung Minta Sidang Online Dikaji Ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post