2Banner GIF 2021

Luhut Sebut Akan Audit LSM Dan NGO di Indonesia

Luhut Sebut Akan Audit LSM Dan NGO di Indonesia
Ket Foto: Dok/Menko Marves

Nasional, gemasulawesi- Sebut LSM-LSM dan Non-Government Organisation (NGO) menyebarkan data tidak benar, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan audit Seluruh LSM di Indonesia.

Baca juga: Bantuan Rehabilitasi Gedung Sekolah Terdampak Bencana, Belum Terealisasi

“LSM dan NGO-NGO ini kita mau audit, jadi jangan menyebarkan berita yang enggak benar, ya, saya udah bilang kita mau audit, enggak bener dong kamu memberikan berita yang enggak benar,” kata Luhut dalam wawancara pada salah satu acara TV Swasta Jumat, 12 November 2021.
Namun, Luhut tak menjelaskan audit seperti apa yang akan dilakukan terhadap LSM tersebut.

Baca juga: Oknum LSM Diduga Peras Kepala Desa Majene

Luhut melontarkan pernyataan itu saat dimintai tanggapan atas bantahan dari kalangan aktivis lingkungan mengenai data deforestasi yang pemerintah klaim menurun.
Luhut lantas mempertanyakan sumber data-data yang dimiliki LSM itu. Menurutnya, data yang dirilis tidak hanya dihimpun pemerintah, melainkan sejumlah lembaga internasional. Di sisi-lain, menurutnya, saat ini terdapat teknologi satelit yang tidak bisa dibohongi.

Baca juga: Mahkamah Agung: Media dan LSM Pilar Kekuasaan ke-4
“Gini ya, NGO-NGO ini dari mana data dia? Yang membuat bukan hanya kita ada data internasional. Dan sekarang satelit itu kan nggak bisa dibohongin, enggak bisa,” geram Luhut.
Luhut mengklaim apa yang ia sebut itu sesuai pula yang diutarakan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry secara pribadi pada dirinya.
Kerry yang kini merupakan utusan khusus AS untuk perubahan iklim, kata Luhut, berbicara kepada dirinya, selama empat tahun terakhir tingkat deforestasi di Indonesia menurun dengan sangat baik.

Baca juga: Soal TKA Masuk Indonesia, Pemerintah Beralasan Ikuti Aturan Internasional

“John Kerry aja ngakui sendiri ke saya kok, Amerika itu ngakuin selama empat tahun terakhir itu deforestasi itu menurun sangat baik,” ungkap Luhut.
Pensiunan jenderal TNI itu pun mengaku bakal berani adu data dengan sejumlah LSM yang meragukan pemerintah soal kondisi lahan di Indonesia.
“Sangat berani, sangat berani (adu data dengan LSM),” tegas Luhut. (**)

Sumber: cnnindonesia.com

Baca juga: Polres Majene Tahan Oknum LSM LP Tipikor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post