Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Longsor, Jalur Trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi Terputus

Longsor, Jalur Trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi Terputus
Foto: Tebing jalan longsor.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Akibat longsor, akses jalur trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi terputus.

“Longsor di salah satu gunung, diakibatkan hujan mengguyur wilayah Sigi sejak Jumat 2 Juli 2021,” ungkap Kapolsek Kulawi, Iptu Ahsan di Sigi, Sabtu 3 Juli 2021.

Ia mengatakan, kejadian longsor di trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi itu terjadinya Sabtu 3 Juli 2021 pagi, sekitar pukul 06:00 Wita. Untungnya saat kejadian tidak ada pengendara melintas di daerah itu.

Sejumlah warga dibantu anggota polisi, langsung membersihkan material longsor menimbun ruas trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi. Sambil menunggu alat berat dari Pemda Sigi.

“Kendaraan roda dua bisa lewat, tapi harus dibantu manual dengan mendorongnya,” sebutnya.

Ia mengatakan, kepolisian mengerahkan lima orang anggota membantu membersihkan material longsor di trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi, bersama warga.

Sementara Wakil Bupati Sigi sudah mengerahkan alat berat dan saat ini jalan trans Sulawesi Tengah Palu-Kulawi, sudah bisa dilalui.

Baca juga: Banjir Desa Biga Parimo, Akses Jalan Trans Sulawesi Lumpuh

Area pegunungan di poros jalan trans provinsi yang menghubungkan Kota Palu dan Kulawi ini memang kerap terjadi longsor, jika hujan dengan intensitas lebat dengan durasi lama.

‘’Kami masih tetap siaga, semoga hari ini tidak ada hujan lagi,’’ tuturnya.

Terkait cuaca, sebelumnya BMKG memberi peringatan dini cuaca 3 Juli 2021. Sulawesi Tengah berpotensi hujan lebat disertai petir.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang, cuaca 3 Juli 2021 hingga 4 Juli 2021.

Baca juga: BNPB Sebut Bencana Banjir di Indonesia Timur Dipicu Curah Hujan

Cuaca 3 Juli 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yaitu Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Info cuaca 3 Juli 2021, wilayah yang berpotensi angin kencang adalah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Banjir Longsor Rusak Bangunan Sekolah di Sulbar

Laporan: Rafiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post