Lombakan 10 Kelas, Ini Jadwal Kejuaraan Pacuan Kuda Parigi Moutong

Lombakan 10 Kelas, Ini Jadwal Kejuaraan Pacuan Kuda Parigi Moutong
Magneto, kuda juara asal Sulawesi Tengah. GemasulawesiFoto/Amirullah.

Parigi moutong, gemasulawesi.com Sebelas hari lagi kejuaraan pacuan kuda di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan digelar. Event perebutan Piala Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) itu siap melombakan 10 kelas.

Penentuan jumlah kategori kelas ditetapkan panitia pelaksana bersama Pengprov PORDASI Sulteng, akhir pekan kemarin. Ini diungkapkan sekretaris panitia pelaksana, Idham Panggagau pada Minggu, 8 Maret 2020.

Read More

“10 kelas yang nanti diperlombakan masing-masing kelas perdana jarak 800 meter, kelas remaja 800 meter, kelas G jarak 800 meter, kelas F jarak 1000 meter, kelas E jarak 1200 meter, kelas D jarak 1400 meter, kelas C jarak 1600 meter, kelas AB jarak 1600 meter, kelas D sprint jarak 1000 meter dan kelas C sprint jarak 1200 meter,” jelasnya.

Terkait jadwal tahapan pelaksanaan, panitia menunjuk tanggal 13 dan 14 Maret sebagai hari pendaftaran, bersamaan dengan registrasi. Saat pendaftaran nanti sekaligus dilakukan pengukuran kuda, dilaksanakan di Anjungan Pantai Talise, Kota Palu, pukul 06.00-12.00 Wita.

Selanjutnya pada Kamis, 19 Maret 2020 akan digelar meeting bersama peserta. Untuk pelaksanaan meeting-nya dilaksanakan di Sekretariat Pengcab PORDASI Parigi Moutong, di Parigi.

“Pada hari Sabtu, 21 Maret pukul 14.00 Wita adalah jadwal pembukaan Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Gubernur Sulteng 2020. Diketahui, arena pacu itu terletak di Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, atau tepatnya arah barat kota Parigi,” terangnya.

Berbeda dengan waktu pembukaan. Pada hari kedua sekaligus penutupan pelaksanaan, tepatnya Minggu 22 Maret, pacuan akan dimulai jam 10 pagi hingga sore hari.

Panitia pelaksana sangat berharap Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Gubernur Sulteng 2020 ini ramai peserta. Sebab menurutnya event itu masih terbilang asing untuk sebagian besar warga, terkhusus generasi muda di Parigi Moutong.

Sebelumnya, belasan kuda peserta Kejuaran Pacuan Kuda Piala Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020 uji coba lintasan pacu di Desa Baliara Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong.

“Kegiatan ini untuk pemantapan arena serta pengenalan lintasan bagi kuda dan joki,” ungkap Andi Sadam, Sekretaris Pordasi Parigi Moutong, di lokasi pacuan kuda Baliara, Minggu 30 Februari 2020.

Ia melanjutkan, pada kejuaraan pacuan kuda Piala Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020, menargetkan enam sampai delapan kelas yang akan dilombakan.

Para peserta yang akan ikut lomba kali ini kata dia, adalah kuda dari Sulawesi Barat, Gorontalo, Manado dan Jeneponto. Mulai dari kuda lokal hingga kuda ras.

Peserta yang melakukan uji coba arena diikuti tim dari Palu. Diantaranya, kuda juara dari Provinsi Sulawesi Tengah, Magneto yang akan mengikuti kelas 1600.

Baca juga: Ini Inovasi DLH Parigi Moutong Terkait Pengelolaan Sampah

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.