Lima Program Kunci RAD AMPL Pamsimas Parimo

Workshop Review dan Monitoring Rencana Aksi Daerah (RAD) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL)

1
55
Lima Program Kunci RAD AMPL Pamsimas Parimo
Sekda Parimo, H Ardi membuka workshop RAD AMPL Pamsimas (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com Lima program kunci RAD AMPL Pamsimas Parigi moutong (Parimo) merupakan channel internalisasi program dan kegiatan Pamsimas ke dalam program OPD yang menangani bidang AMPL.

“Dengan tersedianya dokumen RAD AMPL Pamsimas Parigi moutong, dapat mendukung program penurunan stunting,” paparan Kabid Sarana dan prasarana (Sarpras) Bappelitbangda Parimo, I Nyoman Sudiara, di aula kantor Bappelitbangda, Kamis, 7 November 2019.

Ia mengatakan, lima program kunci RAD AMPL antara lain program peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan air minum berbasis masyarakat, peningkatan akses sanitasi yang layak, program pemicuan perubahan perilaku (PHBS), pengelolaan lingkungan dan penguatan kelembagaan pengelolaan pelayanan air minum dan sanitasi.

Capaian target akses air minum Parimo saat ini lanjut dia, sebesar 74 persen dan akses sanitasi sebesar 63 persen. Perlu usaha maksimal serta kolaborasi atau sinergi program agar dapat mencapai akses 100 persen.

Baca juga: Parimo Dapat Jatah 139 Formasi Guru CPNS 2019

Kemudian, ruang lingkup RAD AMPL mencakup penyediaan akses air minum layak dan berkelanjutan, PHBS melalui CTPS dan SBS serta penyediaan akses sanitasi layak dan berkelanjutan, pengelolaan air limbah, pengelolaan limbah rumah tangga dan penanganan pengelolaan kebersihan makanan.

“Sasaran misi kedua pembangunan Pemda adalah untuk meningkatkan jumlah penduduk yang memiliki akses air minum layak, memiliki akses sanitasi layak dan tersedianya perumahan dan pemukiman warga kota,” jelasnya.

Program itu untuk mengatasi permasalahan sanitasi layak baru yang baru mencapai 57 persen, masih adanya rumah tinggal yang belum bersanitasi, belum optimalnya penyediaan rumah layak huni dan masih terdapat Kawasan kumuh belum tertata.

Baca juga: Diskriminasi Tujuh Keluarga Parigimpu’u Penerima PKH Parimo

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Parimo, H Ardi mengatakan Pamsimas masih merupakan program kebutuhan dasar. Sesungguhnya Parimo lanjut dia, masih membutuhkan bantuan Pamsimas.

Alasannya, wilayah Parimo sangat luas dengan panjang sekitar 470 Km. Dengan luas yang panjang dan kepadatan penduduk yang tinggi, membutuhkan akses layanan air minum sehat yang banyak.

“Sementara, sumber air seperti sungai yang dipakai untuk mandi, mencuci serta buang air tidak bisa dipakai untuk keperluan air minum,” tutupnya.

Baca juga: Disdukcapil Mamuju Sulawesi Barat Rampungkan Data Kependudukan Tujuh Pulau Bala-Balakang

Laporan: Muhammad Rafii

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan