Lebih dari 200 Kali Gempa Terjadi di Sulawesi Selama Bulan Juni

waktu baca 2 menit
Seismograf Ilustrasi Gambar

Berita Nasional, gemasulawesi – Lebih dari 200 aktivitas gempa yang terjadi selama sepekan di Sulawesi, hal itu berdasarkan laporan dari balai besar Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Minggu 03 Juli 2022, mengatakan aktifitas gempa tercatat dalam sistem selama sepekan.

Disebutkan bahwa periode gempa terjadi dari 1 Juni hingga 30 Juni 2022. Sebaran gempa juga terjadi di wilayah Gorontalo, Malili dan Selayar, Sulawesi Selatan kemudian Majene,
Sulawesi Barat dan wilayah Kalisusu.

Distribusi gempa lebih dari 200 kejadian gempa Tercatat 12 kali gempa bumi, 202 kali gempa dangkal, 29 kali gempa sedang dan 3 kali gempa dalam. Selain itu, per Juni 2022, sesar penyebab gempa paling aktif adalah Sesar Sorowako dan Sesar Batui-Balantak.

Frekuensi gempa bumi di bawah magnitudo 2 telah terjadi 25 kali, di bawah kekuatan 2-3 telah terjadi 140 kali, di bawah kekuatan 3-4 telah terjadi 51 kali, di bawah kekuatan 4-5 telah terjadi 14 kali dan di atas kekuatan 5 adalah 4 kali. Frekuensi gempa bumi sebagai fungsi kedalamannya adalah 44 kali pada kedalaman 60 kilometer (km), rata-rata terjadi 6 kali pada kedalaman 60-300 km, dan 2 kali gempa terjadi pada kedalaman lebih dari 300 km.

Baca: Jasa Medis Parigi Moutong Belum Dibayarkan Akibat Kesalahan Data

Untuk frekuensi yang dirasakan, 12 kali lipat, dan salah satunya berbahaya. Kemudian terjadi 29 gempa sedang dengan kedalaman antara 60 hingga 300 kilometer di bawah laut.

“Sementara itu sudah tiga kali gempa dalam dengan kedalaman lebih dari 300 kilometer,” jelasnya.

Jamroni mengakui bahwa rangkaian gempa bulan lalu merupakan bagian dari proses alam. Gempa tersebut berkekuatan relatif kecil sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

kata Sub Koordinator Pengumpulan dan Penyebaran Data BBMKG Wilayah IV Makassar R Jamroni mengatakan masa gempa ini, sesar atau sesar aktif adalah sesar Sorowako dan Batui-Balantak. (*/Ikh)

Baca: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke-35 Dibuka, Ini Syaratnya

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.