2Banner GIF 2021

Layanan Internet TelkomGroup kembali Normal Setelah Perbaikan Kabel Laut

Layanan Internet TelkomGroup kembali Normal Setelah Perbaikan Kabel Laut
Foto: Illustrasi. Layanan Internet TelkomGroup kembali Normal Setelah Perbaikan Kabel Laut.

Gemasulawesi– Layanan internet TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih setelah gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak mulai kembali normal.

“Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga hari ini,” Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono, dalam siaran pers di Manado, Senin (20 September 2021

Sejak terjadi, pihaknya segera rerouting traffic sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

Baca juga: Internet adalah “Nyawanya” Manusia Era Digital

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” katanya.

Gangguan layanan internet teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” katanya.

Pujo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup.

Sebelumnya, Telkom sebagai pemilik layanan IndiHome menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna. Akibat, IndiHome down, pengguna tidak bisa berselancar di internet, Minggu 19 September 2021.

Telkom menjelaskan permasalahan yang terjadi pada layanan IndiHome ini karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam – Pontianak.

Baca juga: Guru hingga Siswa Dapat Bantuan Internet PPKM Darurat

Gangguan itu terjadi pada hari ini, tepatnya mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza kepada detikINET. (****)

Baca juga: Delapan Warga Curi Kabel PT Telkom di Sigi, Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post