Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Latihan Calon Paskibraka Peringatan HUT RI Terapkan Prokes Ketat

Latihan Calon Paskibraka Peringatan HUT RI Terapkan Prokes Ketat
Foto: Pasukan Paskibraka

Berita nasional, gemasulwesi- Di masa pandemi covid-19, latihan calon Paskibraka peringatan HUT RI ke-76 tahun dari 34 provinsi akan menerapkan disiplin Protokol kesehatan (Prokes). 

“Peserta harus tetap disiplin melaksanakan Prokes, menaati seluruh aturan, mengikuti jadwal ditetapkan panitia, termasuk jadwal latihan dan jadwal istirahat,” Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan tertulisnya Cibubur, Jakarta Timur, Rabu 28 Juli 2021.

Dalam kegiatan HUT RI ke-76 ini, pemerintah memutuskan merekrut Paskibraka nasional dengan Prokes ketat. Proses seleksi calon Paskibraka telah selesai dengan lancar, akuntabel dan transparan.

Baca juga: Disporapar Perketat Seleksi Calon Paskibraka Parigi Moutong

Sebagai langkah penegakan Prokes, panitia menerapkan sejumlah aturan ketat, mulai saat akan berangkat dari kediaman hingga pemulangan.

Menurut dia, saat menjelang kedatangan calon Paskibraka diberi ketentuan agar melakukan isolasi mandiri di kediaman selama 10 hari sebelum berangkat ke Jakarta.

Kemudian pada saat hendak berangkat, dua hari sebelumnya sudah berada di ibukota provinsi untuk memastikan kondisi kesehatan, dilanjutkan tes Swab PCR jelang keberangkatan.

“Sesampainya di PPPON dilakukan Swab PCR dan dilanjutkan karantina mandiri selama 3 hari. Hingga tahapan ini alhamdulillah sudah dilalui dengan baik,” kata dia.

Kemudian, seluruh calon Paskibraka saat ini telah berada di Cibubur, mereka akan menjalani pelatihan sebelum dilantik sebagai Paskibraka dalam peringatan Kemerdekaan RI di Istana Kepresidenan.

“Ada empat delegasi baru datang kemarin sore, karena kendala teknis, ada yang terkait dengan penerbangan dan terkait pemeriksaan kesehatan. Tapi alhamdulillah hari ini sudah hadir dari 34 Provinsi,” sebutnya.

Baca juga: Kemenag Parigi Moutong Buka Layanan Penarikan Dana Haji

Paskibraka 34 provinsi jalani latihan pertama

Seluruh Paskibraka dari 34 provinsi telah menjalani latihan pertama menjelang HUT RI, diawali dengan orientasi dan pemilihan Pak Lurah dan Bu Lurah.

Pihaknya meminta, agar para calon Paskibraka tetap serius serta komitmen membangun kebersamaan serta disiplin mengikuti aturan selama pelatihan.

“Setiap kalian adalah pemimpin. Karena itu ada tanggung jawab kalian emban dalam predikat kepemimpinan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, pembukaan secara resmi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Selasa, 27 Juli 2021, mereka juga mendapatkan materi mengenai penguatan ideologi Pancasila, kepemimpinan, kewirausahaan, literasi digital, dan pengembangan kepeloporan. (***)

Baca juga: Ribuan Jamaah Calon Haji Sulawesi Tengah Batal Berangkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post