Senin, Mei 17, 2021
BerandaKesehatanMaret 2021, Jadwal Lansia Suntik Vaksin Covid di Kota Palu

Maret 2021, Jadwal Lansia Suntik Vaksin Covid di Kota Palu

- Advertisement -spot_img

Berita kota palu, gemasulawesi– Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, jadwalkan warga Lanjut usia atau Lansia suntik vaksin covid 19 sekitar Maret 2021.

“Kemungkinan dimulai tahap dua Maret 2021. Waktu persisnya belum ditentukan,” ungkap Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Palu, Sulawesi Tengah, Sitti Rachmah, di Kota Palu, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, sebelum Lansia suntik vaksin covid 19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah, masih terus dilakukan proses pendataan dan updating data di Kementerian Kesehatan.

Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui pemberian vaksin Sinovac bagi warga usia 60 tahun ke atas. Barulah pelaksanaan Lansia suntik vaksin covid 19 dimulai.

“Data Lansia Kota Palu sendiri hingga saat ini berjumlah 14 orang,” tuturnya.

Baca juga: Parimo Siapkan 46 Juru Imunisasi Suntik Vaksin Covid 19

Sejumlah 14 orang Lansia itu kata dia, Mereka merupakan tenaga Kesehatan Lansia, salah satunya Ketua PMI Sulawesi Tengah.

Sementara menurut data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu, jumlah Lansia yang tersebar menurut kelompok umur 60 tahun ke atas, sebanyak 27.035 orang.

Selanjutnya, mereka akan didata. Setelah pendataan selesai, inisisasi pelaksanaan Lansia suntik vaksin tahap kedua dimulai.

Diketahui, BPOM memberikan izin penggunaan darurat vaksin Covid 19, Sinovac kepada Lansia di atas 60 tahun.

Persetujuan dan BPOM diberikan dengan mempertimbangkan keadaan emergency wabah pandemi covid 19.

Namun, BPOM berikan catatan terkait persetujuan penambahan indikasi dan dosis vaksin sinovac. Ini karena masih terbatasnya bukti kemanfaatan dan keamanan vaksin.

Tiga poin yang harus dijalankan adalah yang pertama melakukan studi klinik pasca persetujuan. Ini untuk memastikan efektivitas vaksin sinovac untuk pencegahan covid 19.

Kedua, BPOM berhak untuk meninjau atau mengevaluasi kembali aspek khasiat dan keamanan vaksin. Apabila ditemukan bukti baru terkait khasiat dan keamanan.

Ketiga, wajib melakukan pemantauan farmakovigilans (mendeteksi masalah keamanan obat yang belum diketahui) dan pelaporan efek samping obat ke BPOM.

Ia menambahkan, nantinya di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Lansia suntik vaksin covid 19 dalam interval 28 hari. Dan diberikan sebanyak dua dosis.

Baca juga: Ketua DPRD Sayutin Siap Ikut Suntik Vaksin Covid 19 di Parimo

Laporan: Rafiq

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.