Kunjungan Wisata Togean Meningkat Usai Longgarkan Prokes

waktu baca 2 menit
Wisata Togean (Foto Istimewa)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Kunjungan wisatawan mancanegara di loka wisata Togean, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, BTNKT sebut mulai meningkat setelah pemerintah melonggarkan kebijakan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Hal itu diungkapkan Kepala BTNKT Bustang saat dihubungi di Palu, Selasa 19 Juli 2022.

“Sektor pariwisata di Kepulauan Togean sudah mulai pulih setelah dua tahun terakhir sepi pengunjung akibat dampak pandemi COVID-19. Dari Januari hingga pertengahan Juni 2022, tingkat kunjungan didominasi oleh wisatawan asing, yakni 188 wisatawan. kata Kepala BTNKT Bustang saat dihubungi dari Palu, Selasa 19 Juli 2022.

Ia menjelaskan, meningkatnya kunjungan ke tempat-tempat wisata togean meningkat tersebut tidak lepas dari peran pemerintah pusat dalam mempermudah perjalanan masyarakat dalam dan luar negeri serta kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Kemenparekraf) untuk memperkuat ekosistem pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Baca: Polemik Ijazah Ditahan, Ini Penjelasan Disdikbud Parigi Moutong

Oleh karena itu, mengingat kemungkinan tingkat pengunjung yang semakin positif, upaya pemulihan iklim pariwisata di kawasan tanam nasional terus didorong lewat promosi menggunakan berbagai metode.

Menurut BTNKT, jumlah kunjungan sekitar 135 wisman dan tujuh kunjungan wisatawan lokal meningkat di Togean.

Baca: Resep Soto Ayam Bening

“Kami ingin destinasi Kepulauan Togean kembali berjaya seperti sebelum COVID-19,” ucap Bustang.

Ia menjelaskan, optimalisasi laju wisata bahari di kawasan konservasi tanam nasional bukan hanya tugas BTNKT, namun peran pemerintah daerah (Pemda) di tingkat kabupaten dan provinsi sangat strategis.

Busman mengatakan, total jumlah kunjungan wisatawan hingga pertengahan tahun ini sebanyak 271 kunjungan, 139 wisman dan 56 wisatawan lokal.

Ia menambahkan, rata-rata kunjungan wisatawan ke Togean tidak kurang dari 1.000 orang per tahun dalam situasi normal.

“Kami berharap wisatawan domestik dapat memanfaatkan musim liburan untuk berkunjung ke Togean, ini hanya sebagai upaya untuk mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata domestik,” pungkas Bustang.

Baca: Bupati Parigi Moutong Rombak Kabinetnya, Berikut Namanya

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.