KTP-El Ekspres, Asal Tidak Diwakili Pengurusannya

  • Whatsapp
KTP-El Ekspres, Asal Tidak Diwakili Pengurusannya
ilustrasi

Parimo, gemasulawesi.comKTP-El bakal dijamin ekspres pembutannya oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parimo, dapat selesai kurang lebih satu jam, bagi warga yang melakukan pengurusan secara mandiri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil, Lewis, kepada gemasulawesi.com, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, kebijakan tersebut muncul berdasarkan pantauan yang dilakukan selama kurang lebih dua bulan terakhir.

“Asal berkas lengkap, dan diurus sendiri, saya jamin pasti cepat, kurang lebih satu jam lah, kalau soal antrian itu wajarlah,” ujarnya.

Selain dukungan teknis pemerintah daerah (Pemda) Parimo kata dia, adanya Peraturan presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018, sangat membantu mempercepat pembuatan KTP-El.

“Berdasarkan Perpres tersebut, hanya butuh Kartu Keluarga (KK) saja dalam pembuatan KTP- El saat ini,” terangnya.

Pengurusan yang diwakilkan lanjut dia, menjadi salah satu faktor keterlambatan dalam percetakan KTP-El.

Menurutnya, hal itu membuat petugas loket kesulitan memperoleh informasi pendukung dalam memvalidasi data yang diajukan.

“Kalau yang bersangkutan langsung, jelaslah petugas kami cepat peroleh informasi pendukung sehingga cepat pula proses pengolaaan data di server,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan instruksi Direktorat Jendral (dirjen) Dukcapil, dan Kementrian dalam negeri (Kemendagri), saat ini Disdukcapil Parimo juga memprioritaskan pelayanan bagi warga kategori pemula terkait kepemilikan KTP-El.

Baca juga: Parimo Siapkan Anggaran 20 Miliar, untuk BPJS Warga Miskin

Laporan: Daniel

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 Komentar

  1. Penggantian eKTP karena pindah datang,aturannya memang 6 bulan baru bisa keluar/terbit,soalnya hanya di beri suket,alasannya di utamakan bagi eKTP pemula,yg jd pikiran sy,apa mmg bgt aturannya? Itu buat sangat menyusahkan,krn gmn lh jadinya klo kami mau keluar daerah/keluar pulau tuk kerja?

  2. Karena sebelumnya sdh ku coba tanyakan ke pegawainya,meskipun awalnya ku kayak di pimpong,katanya mmg bgt aturannya,klo mau protes,sy di suruh ke pusat,ntah pusat mana,