Krisis Listrik Desa Suli Indah Bakal Teratasi

0
195
Krisis Listrik Desa Suli Indah Bakal Teratasi
Kades Suli Indah, I Made Lostir (Foto: Sidik)

Parimo, gemasulawesi.com Krisis listrik Desa Suli Indah, Kecamatan Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng bakal segera teratasi.

Hal tersebut diungkapkan Kades Suli Indah, I Made Lostir, di ruang kerjanya, Selasa, 9 Juli 2019. Ia mengatakan, PLN akan membangun Gardu induk listrik berdaya 150 KV bertitik pusat di Desa Suli Indah.

“Kami kini mendapat kepercayaan serta persetujuan dari Pemda Parimo dimana Desa Suli Indah akan ditempati pembangunan gardu induk penerangan listrik,” ungkapnya.

Pasalnya kata dia, pemasangan gardu induk listrik di Desa Suli Indah adalah sebagai jawaban dari kendala krisis sumber listrik. Sehingga berdampak pada perekonomian warga di wilayah selatan Parimo meliputi Sausu, Balinggi dan Tolai.

Sementara itu kata dia, gardu induk yang ada di Desa Binangga Kecamatan Parigi Tengah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penerangan listrik diwilayah selatan Parimo.

Dia mengatakan pembangunan gardu induk di Desanya 150 KV sudah masuk pada tahapan proses permohonan tender dari Perusahaan rekanan dipusat.

“Sedang untuk proses pembayaran  ganti rugi  lahan seluas dua Hektar yang terletak di dusun empat Desa Suli Indah sudah selesai dilakukan. Pelaksanaannya, melalui sosialisasi dari pihak Desa dan unsur lainya kepada masyarakat,” tegasnya.

Ia melanjutkan, target pengerjaan pembangunan gardu induk yang disuplai dari PLTA Sulewana Kabupaten Poso Sulewana Propinsi Sulteng akan selesai pada Tahun 2021 mendatang.

Selain itu, pembangunan sarana infrastruktur tower sebanyak 40 unit, juga akan dibangun di Desa Suli Indah.

“Dengan adanya ketersediaan penerangan listrik di desa ini harapan masyarakat untuk mengembangkan usaha dapat terwujud. Dimana saat ini mengalami kendala terbatasnya  ketersediaan penerangan listrik,’’ terang Lostir.

PLN Membenarkan Pembangunan Gardu Induk 150 KV Desa Suli Indah

Sementara itu PLN Parigi Cabang Sausu, Putu Karang membenarkan pembangunan Gardu Induk 150 KV yang bakal ditempatkan di Desa Suli Indah.

Menurut dia, pihak Desa Suli Indah sudah melakukan sosialisasi kepada  masyarakat. Dimana saat ini sudah melakukan pembayaran pembebasan lahan kepada masyarakat pemilik lahan.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan