KPU Parimo Serahkan Hasil Tes Kesehatan Paslon

0
43
SHARE

PARIMO, Gemasulawesi.com – Usai menjalankan tes kesehatan di Rumah Sakit (RS) Undata Palu, pasangan bakal calon (Pasbalon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menerima berkas dokumen hasil tes kesehatan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parimo.

Dalam penyerahan berkas dokumen tersebut, KPU Kabupaten Parimo juga menyertakan penyerahan Berita acara hasil penelitian persyaratan adiministrasi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Parimo bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Parimo rabu 17 januari 2018.

Ketua KPU Parimo Amelia Idris dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan peraturan KPU nomor 15 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur, walikota dan bupati, pihaknyadiamanatkan melakukan penelitian administrasi mulai dari tanggal 10 sampai dengan 16 Januari 2018 terkait dengan syarat pencalonan dan syarat calon bupati dan wakil bupati.

“Selamah tujuh hari kami telah melaksanakan penelitian syarat pencalonan dan syarat calon Bupati dan wakil Bupati Parimo 2018 dan pada hari ini sesuai dengan tahapan akan diserahkan langsung kepada para pasbalon,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dimasa penelitian berlangsung, tahapan pemeriksaan kesehatan juga ingklut didalamnya yaitu dimulaipada tanggal 11 sampai 13 januari dan tahapan tersebut sudah dilakukan oleh tim dokter pemeriksa kesehatan para pasbalon di RS Undata Palu sebagaimana SK dankeputusan KPU Kabupaten Parimo tentang penujukan rumah sakit yang melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon bupati dan wakil bupati kabupaten parimo.

“Tahapannya sudah selesai dilakukan oleh tim pemeriksa di RS Undata Palu dan hasilnya pun sudah diserahkan kepada kami untuk diserahkan langsung kepada pasbalon,” jelasnya.

Dengan dasar dasar itulah, kata dia,pada tanggal 17 januari 2018 hari itu, pihaknya menyerahkan langsung hasil penelitian dokumen persyaratan tersebut kepada pasbalon, yang kemudian KPU menyampaikan kepada pasbalontentang perbaikan dokumen hasil penelitian.

Ia menyebutkan, tahapan perbaikan dokumen oleh para pasbalon mulai tanggal 18 sampai 20 januari 2018. Olehnya, katanya, masi ada waktu tiga hari yang diberikan kepada Pasangan calon Bupati dan wakil bupati untuk melakukan perbaikan dokumen yang belum lengkap atau belum memenuhi syarat.

“Dalam waktu tiga hari yang kami berikan,Pasbalon secepatnya untuk melakukan perbaikan berkas pencalonan yang belum lengkap maupun belum memenuhi syarat,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dari keempat pasbalon yang telah menyerahkan berkas pendaftaran kepada KPU Kabupaten Parimo, tiga pasbalon yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik telah dinyatakan memnuhi syarat pencalonan.

Sedangkan, satu diantaranya yaitu pasbalon Anwar Saing-Asrudin (Annas) yang diusung melalui jalur perseorangan dari segi administrasi syarat pencalonan juga sudah memenuhi syarat. Namun masih ada tahapan selanjutnya yang harus dipenuhi terutama pemenuhan dukungan perseorangan.

Laporan: Tommy Noho


SHARE

Tinggalkan Balasan