KPU Parimo Gelar Rakor Penataan Dapil

0
65
SHARE

PARIMO, Gemasulawesi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelarrapat koordinasi (Rakor) penataan daerah pemilihan Pemilu 2019di Hotel Oktaria Parigikamis (18/01).

“Ini merupakan Rakor ke empat yang dilaksanakan oleh KPU, dalam rangka menata daerah pemilihan pada Pemilu 2019 mendatang. Setelah sebelumnya sudah dibicarakan soal data penduduk. Di kegiatan kedua sudah mulai menata dengan memberikan asumsi daerah pemilihan dan ketiga sudah dilakukan simulasi,” terang Ketua KPU Kabupaten Parimo Amelia Idris.

Menurutnya,Rakor kali ini merupakan tindak lanjut dari Rakor sebelumnya. Dimana ada dua opsi pembenahan dapil yaitu dari lima dapil yang ada sekarang berubah menjadi  enam dapil.

Berdasarkan hasil Rakor, kata dia, ada beberapa dapil yang harus ditata diantaranya, dapil dua dengan sebaran tujuh kecamatan didalamnya dipetahkan menjadi lima kecamatan.

“Kecamatan Ampibabo dan Siniu rencananya dimasukan ke dapil tiga. Sedangkan kecamatan eks parigi tetap berada di wilayah dapil dua,” sebutnya.

Ia menjelaskan, pada hakekatnya daerah yang melakukan penataan dapil bertujuan untuk memenuhi prinsip kesetaraan, ketaatan pada prinsip pemilu, prinsip professional, prinsip integritas wilayah, prinsip yang berada dalam satu wilayah yang sama, kohefitasnya dan kesinambungan.

Sehingga, lanjut dia, berkaitan pemecahan dapil dua menjadi dua dapil memang masuk dalam salah satu prinsip tersebut.

“Luas wilayah dapil dua menjadi pertimbangan dalam penataan dapil dari lima menjadi enam,” tuturnya.

Ia menerangkan, pemecahan dapil pada pemilu 2019 mendatang juga dilihat dari penggabungan kecamatan induk dengan pecahannya. Sehingga dari kegiatan sebelumnya seluruh stekholder menyetujui penambahan dapil.

Kemudian, kata Amelia, keinginan menjadikan enam dapil pada pemilu legislative nanti akan menjadi bahan pertimbangan KPU Kabupaten Parimo.

“Intinya semua pertimbangan yang kita lakukan, semuanya bermuara dari KPU RI, kita kurang menunggu hasilnya saja,” tandasnya.

Laporan: TOMMY NOHO


SHARE

Tinggalkan Balasan