2Banner GIF 2021

KPU Parigi Moutong Lakukan Perbaikan DPT Berkelanjutan

KPU Parigi Moutong Lakukan Perbaikan DPT Berkelanjutan
Foto: Ketua KPU Parigi Moutong, Sulfiana Dg Patanga. KPU Parigi Moutong Lakukan Perbaikan DPT Berkelanjutan.

GemasulawesiKPU Parigi Moutong  melaksanakan perbaikan DPT berkelanjutan. Kegiatan itu merupakan bagian dari non tahapan jelang Pemilu 2021.

“Berkaitan dengan perbaikan data pemilih berkelanjutan ini, KPU RI, provinsi hingga kabupaten melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat,” ungkap Ketua KPU Parigi Moutong, Sulfiana Dg Patanga saat ditemui di Parigi, Selasa 12 Oktober 2021.

Menurut dia, dalam perbaikan DPT berkelanjutan itu pihaknya menyasar pemilih pemula, dengan melakukan koordinasi di satuan pendidikan tingkat SMA dan SMK. Hasil pendataan itu, akan disampaikan ke Dinas Dukcapil untuk membantu mereka melakukan perekaman KTP.

Baca juga: Pilgub Sulteng 2020, DPT Parimo Menyusut Ribuan Pemilih

Kemudian, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan, untuk mendeteksi data pemilih meninggal dunia serta pindah domisili.

“Begitu juga Polri dan TNI pensiun, atau wajib pilih yang menjadi anggota Polri dan TNI itu sendiri menjadi sasaran pendataan kami,” kata dia.

Dia menyebutkan, dari perbaikan berkelanjutan ini DPT kemungkinan besar akan bertambah dan bisa juga berkurang. Apalagi, dua tahun terakhir Indonesia dilanda Pandemi Covid19.

Perbaikan DPT berkelanjutan ini kata dia, juga akan memperbaiki polemik Nomor Induk Kependudukan (NIK), dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. Kendalanya karena, tumpang tindihnya kepengurusan dokumen kependudukan wajib pilih.

“Jadi kami setiap bulan itu rapat pleno untuk menyelesaikan polemik NIK ini. Disitu juga dilaporkan data-data pemilih pemula, dan meninggal dunia,” ucapnya.

Sofiana menuturkan, upaya yang dilakukan pihaknya itu tidak lain merupakan bentuk perlindungan hak-hak konstituen di Parigi Moutong.

Dia juga mengapresiasi langkah Dinas Dukcapil Parigi Moutong yang saat ini, sedang melakukan sistem jemput bola dengan melakukan perekaman KTP dibeberapa wilayah di Parigi Moutong, untuk menuntaskan berbagai persoalan dalam DPT selama ini.

“Selanjutnya sesuai dengan rencana akan ada penambahan Daerah Pemilihan (DAPIL). Itu sesuai dengan keterangan dari ketua Devisi Teknis kemarin, mereka sudah ada rancangan. Jika memenuhi syarat atau indikator undang- undang bisa saja terjadi,” tutupnya. (***)

Baca juga: Pilkada 2020, DPT Sulteng Dua Juta Pemilih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post