fbpx

KPK Sebut Akan Terus Memburu Mantan Caleg PDIP Harun Masiku

waktu baca 2 menit

Hukum, gemasulawesi – KPK sebut akan terus berupaya memburu mantan caleg PDIP, Harun Masiku yang sudah lebih dari 2 tahun masih buron. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga mengajak masyarakat dan Indonesian Corruption Watch (ICW) untuk ikut memburu Harun Masiku.

Hal itu diungkapkan oleh Karyoko Deputi bidang Penindakan dan Eksekusi KPK saat dimintai tanggapannya, terkait pernyataan ICW yang menilai lembaga antikorupsi enggan untuk meringkus mantan caleg PDIP Harun Masiku.

Ia juga mengatakan, kalau pihaknya masih terus mencari Harun Masiku. Karyoko juga menghimbau kepada masyarakat, termasuk ICW, untuk melaporkan segala informasi terkait posisi Harun Masiku.

“Atau paling tidak asal mirip saja, kalian bisa laporkan ke kami. Kalau tidak percaya bisa datang juga, tapi dengan biaya sendiri. Misalnya kita mau kemana, nanti saya cek  dengan bantuan polisi, kami siap. Artinya kami tidak menutup diri. ICW sekali pun bisa, kabarin saja saya. Jangan beranggapan kalau kami tidak ingin itu” ucap Karyoko, Sabtu, 21 Mei 2022.

Pada prinsipnya, kata Karyoto, KPK telah melakukan segala cara untuk menangkap Harun Masiku yang tidak diketahui keberadaannya sejak Januari 2020. Apalagi, pandemi COVID-19 mulai menunjukkan akan berakhir.

Menurut Karyoko, pihaknya belum mengetahui keberadaan Harun Masiku. Namun, sejumlah lokasi yang diduga didatangi Harun Masiku masih akan terus dilacak.

“Saya berharap ada orang yang akan melihat bahwa dia berada di Indonesia, lebih cepat. Jika dia di luar Indonesia, sebenarnya foto biometrik WNI yang akan menyeberang ke luar negeri bisa dideteksi. Kalau keberadaannya di mana sekarang belum diketahui, kalau tahu sudah pasti ditangkap,” ucapnya.

Baca: Bahas Persiapan Calon Jemaah Haji, Menag Yaqut Bertemu Menteri Saudi

Karyoko juga mengatakan, kalau kritik ICW merupakan pil bagi KPK untuk terus memburu Harun Masiku. Menurutnya, penangkapan Harun Masiku merupakan utang yang harus dibayar KPK.

“Kritikan ICW adalah pil sehat bagi kami yang mendorong kami untuk menangkap para DPO yang masih menjadi utang,” jelasnya. (*)

Baca: Gubernur Sulawesi Tengah Himbau Bupati dan Wali Kota Untuk Kurangi Kemiskinan

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.