Gempa 5,4 SR Mamuju Tengah Sulawesi Barat Makan Korban

128
Gempa 5,4 SR Mamuju Tengah Sulawesi Barat Makan Korban Rusak Rumah Warga
Foto: Illustrasi Korban Gempa Mamuju Tengah Sulawesi Barat

Berita sulawesi barat, gemasulawesi– Gempa bumi di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sudah memakan korban dan membuat kerusakan rumah warga.

Saat terjadi gempa, seorang Ibu hamil (Bumil) yang bernama Riska (26), dikabarkan meregang nyawa saat terjadi gempa yang berpusat di Mamuju Tengah Sulawesi Barat. Ia panik dan terjatuh sehingga alami pendarahan.

“Iya, tewasnya seorang ibu hamil dengan usia kandungan delapan bulan,” ungkap Kades Bunde, Bondang di Mamuju, Rabu 28 Oktober 2020.

Baca juga: Gempa 5,4 SR Guncang Mamuju Tengah, Terasa Hingga Majene

Riska adalah salah satu korban gempa bumi magnitudo 5,4 di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Desa Bunda Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju.

Berdasarkan keterangan saksi, korban panik saat terjadi gempa dan berlari ke arah belakang dapur dalam kondisi gelap gulita.

“Namun, Bumil yang hendak menyelamatkan diri malah terjatuh dalam kondisi tengkurap dan mengalami pendarahan hebat hingga nyawanya tidak tertolong,” urainya.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Banggai Sulteng

Gempa Rusak Rumah Warga

Menurut laporan, gempa di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat menyebabkan rumah warga menjadi rusak.

BMKG menerima laporan mengenai kerusakan beberapa rumah warga akibat gempa di Desa Kampung Baru, Los Pasar, Mamuju Tengah.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 3,6 Guncang Kota Palu

Analisis Gempa dari BMKG

Tercatat, gempa yang terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah akibat adanya aktivitas sesar naik Mamuju.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik Mamuju (Mamuju Thrust),” tutur Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, di Jakarta.

Mamuju trust kata dia, merupakan sumber gempa potensial yang patut diwaspadai di Mamuju.

Hal itu karena memiliki magnitudo tertarget 7,0 dengan laju geser 0,2 mm/tahun.

Baca juga: Gempa Magnitudo 3,2 Guncang Mamuju Sulawesi Barat

“Selain itu, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust-fault),” jelasnya.

Diketahui, gempa bumi magnitudo 5,4 guncang Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa 28 Oktober 2020.

BMKG mencatat pada pukul 02.43 Wita, gempa tepatnya berlokasi di darat 34 Km arah barat daya Kabupaten Mateng Provinsi Sulawesi Barat.

Episenter gempa bumi tektonik terletak pada koordinat 2,24 Lintang Selatan dan 119,22 Bujur Timur, pada kedalaman 10 Km.

BMKG menyarankan untuk tetap waspada adanya gempa bumi susulan yang mungkin akan terjadi.

Berdasarkan laporan warga, gempa bumi ini dirasakan IV-V MMI Mateng, III-IV Kota Mamuju, II-III Mamasa dan II-III MMI di Majene.

Baca juga: Pakan Terbatas, Jadi Kendala Pembibitan Kambing PE Majene

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.