Korban Banjir di Tomini Butuh Sembako dan Tempat Mengungsi

Korban Banjir di Tomini Butuh Sembako dan Tempat Mengungsi
Foto: PMI bantu korban banjir di Tomini.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi- Ratusan korban banjir di Tomini, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, saat ini membutuhkan sembako dan tempat pengungsian sementara.

“Kebutuhan warga saat ini adalah Sembako, dan tempat pengungsian sementara, khususnya di Desa Tilung karena rumahnya mengalami rusak berat akibat banjir tanggal 12 Juli 2021 kemarin,” ungkap Camat Tomini, Mukmin Muharram, Rabu 14 Juli 2021.

Bencana banjir di Kecamatan Tomini, mengakibatkan empat desa terdampak, yakni Desa Tilung, Ta’aniuge, Ogotumubu, dan Ogotumubu Barat.

Baca juga: Banjir Tomini Parigi Moutong, Enam Rumah Warga Rusak Berat

Hasil peninjauan Rabu 14 Juli 2021, di Desa Tilung terdapat tiga rumah mengalami rusak besar, dan tidak layah lagi dihuni, dan 19 rumah mengalami rusak ringan.

Dari hasil peninjauan itu, ada sebanyak 40 rumah segera direlokasi, karena terletak di sepadan pantai.

“Sehingga ketika terjadi banjir kemarin, sungai di Desa Tilung terjadi pendangkalan akibatnya air meluap kerumah warga sekitar,” jelasnya.

Pasca bencana saat ini, masyarakat korban banjir di Tomini sangat membutuhkan sembako. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta bantuan peralatan makanan karena hilang saat bencana terjadi. Kemudian, tempat pengungsian sementara untuk para korban.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Parigi Moutong, Srikandi Puja Passau membenarkan korban banjir di Tomini butuh bantuan.

Baca juga: Masa Pemulihan Bencana Sulawesi Tengah, Bantuan PMI Terus Mengalir

“Dibutuhkan saat ini bukan normalisasi sungai. Seharusnya yang dipenuhi adalah kebutuhan dasar korban bencana,” tandasnya.

Seharusnya, BPBD mengupayakan kebutuhan dasar itu melalui langkah koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah. Sehingga, dapat mengupayakan dana siap pakai untuk para korban banjir.

Bahkan, membangun koordinasi dengan Bulog setempat untuk kebutuhan beras korban banjir.

PMI kerahkan sumber daya bantu korban banjir 

Saat ini, pihak PMI telah mengupayakan segala sumber daya dikerahkan untuk tanggap darurat bencana untuk korban banjir di Tomini.

“Dua hari terakhir ini kebutuhan korban bencana kami penuhi dengan bahan yang ada di PMI. Kebutuhan para korban harus dipenuhi, seperti Hyiegen Kit, Food Paket, Sarung, Selimut, Kitchen Set, Baby Kit, terpal, dan Sembako,” tutupnya.

Baca juga: Gubernur Sulteng Positif Covid-19, Pemerintahan Berjalan Virtual

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post