Konvoi Militer Rusia Sepanjang 40 Mil Bergerak Menuju Ibukota Ukraina

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Konvoi Militer Rusia Menuju Ibukota Ukraina. (Foto/Satelit Maxar Technologies)

Internasional, gemasulawesi.com – Militer Rusia mulai bergerak kembali menuju ke ibukota Ukraina, Kiev setelah sempat seminggu tidak melakukan pergerakan. Pergerakan militer Rusia tampak terlihat dari konvoi yang terdiri dari tank, kendaraan lapis baja dan artileri sepanjang 40 mil (64 km).

Mengacu pada foto satelit Maxar Technologies di hari Kamis 10 Maret 2022, sebgian besar konvoi telah dipindahkan dan tersebar pada beberapa titik.

Menurut salah seorang pejabat pertahanan Inggris, konvoi militer Rusia tersebut telah berkumpul kembali dan sangat besar targetnya kali ini adalah menyerang Kiev Ibukota Ukraina.

Baca: Parigi Moutong Siap Topang Kebutuhan Pangan Ibukota Baru

Pembaruan intelijen yang diterbitkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris pada Jumat (11/3) menyatakan Rusia mungkin mengupayakan untuk menyesuaikan ulang dan memposisikan ulang pasukannya untuk aktivitas ofensif atau serangan baru dalam sebagian hari mendatang dan mungkin terhitung operasi pada ibukota Kiev.

Dengan awan yang menghilang selagi di sekitar ibu kota Ukraina, Maxar menyatakan gambar satelit memperlihatkan sebagian elemen konvoi telah “direposisi” ke dalam hutan dan area berpohon di dekat Lubyanka, Ukraina. Gambar diambil pada pukul 11:37 waktu setempat (04:37 ET) pada Kamis (10/3).

Menurut citra satelit, kendaraan militer Rusia muncul duduk di jalan raya di area perumahan di kota Ozera – 17 mil barat laut Kiev dan tepat di utara Pangkalan Udara Antonov yang dikuasai Rusia di Hostomel.

Baca: Ini Program Danlanal di Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong

Artileri dan kendaraan lain muncul berlindung di pepohonan yang jarang di dekat Lubyanka – sekitar 3 mil (barat laut dari Pangkalan Udara Antonov.

Di Berestyanka – 10 mil sebelah barat pangkalan udara – sejumlah truk bahan bakar dan apa yang menurut Maxar kelihatan layaknya sebagian peluncur roket muncul diposisikan di lapangan dekat pepohonan.

Gambar satelit yang diambil pada Kamis (10/3) tampaknya terhitung memperlihatkan tangki penyimpanan bahan bakar yang terbakar di pangkalan udara, bersama dengan gumpalan asap hitam tidak tipis muncul membubung dari tangki, yang terletak di ujung selatan pangkalan udara.

Baca: Marc Marquez Nyaman di Tim Repsol Honda

Pangkalan udara Hostomel telah jadi area bentrokan sengit bersama dengan pasukan Ukraina sejak awal invasi Rusia. Tempat ini dilaporkan direbut militer Rusia pada 24 Februari.

Di akhir konvoi, sejumlah truk dan peralatan masih muncul di jalan raya tenggara Ivankiv.

Citra satelit dari Maxar terhitung memperlihatkan rusaknya penting di bagian utara kota Chernihiv dan pinggiran barat laut Kiev.

Di Borodyanka, sederet bangunan apartemen muncul dibongkar. CNN pada mulanya telah melaporkan bahwa bangunan apartemen ini dirusak oleh serangan militer Rusia. (*)

Baca: MotoGP Doha 2021, Quartararo Pecundangi Duo Satelit Ducati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.