Kontak Langsung Positif Corona Asal Sigi, Orang Tua Pasien Domisili Parigi Moutong Masuk ODR

  • Whatsapp
Kontak Langsung Positif Corona Asal Sigi, Orang Tua Pasien Domisili Parigi Moutong Sulawesi Tengah Masuk ODR
Ilustrasi covid19

Berita parigi moutong, gemasulawesi.comMiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif virus corona asal Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), orang tua pasien berdomisili di Parigi Moutong (Parimo) masuk kategori Orang sehat Dalam Resiko (ODR).

“Kepastian orang tua yang miliki riwayat kontak langsung pasien positif virus corona dari Sigi kami dapatkan setelah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap Jubir Gugus Penanganan Covid19 Parigi Moutong, Irwan, S.Km., M.Kes, via telpon selular, Rabu 15 April 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pasien positif di Kabupaten Sigi itu menurut identitas KTP-nya beralamatkan Desa Toboli Kecamatan Parigi Utara Parigi Moutong.

Pasien itu kata dia, sudah lama menetap di Kabupaten Sigi. Dan terpapar virus corona di tempat domisilinya saat ini.

Pihak Pemerintah Kabupaten Sigi merujuknya ke Rumah Sakit Balai Keselamatan Kota Palu, setelah menunjukkan gejala awal virus corona.

“Sehingga, Gugus Tugas Penanganan Covid19 Sulawesi Tengah memasukkan data pasien positif corona ke Pemerintah Kabupaten Sigi,” jelasnya.

Orang tua pasien positif corona yang berdomisili di Parigi Moutong atau yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Pangi kata dia, secara otomatis menurut Standar Protokol Penanganan Virus Corona masuk dalam kategori ODR atau istilah terbarunya Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ia melanjutkan, Tim Gugus Tugas Penanganan virus corona Parigi Moutong sementara menelusuri Riwayat atau jejak kontak orang tua pasien itu dengan warga lainnya, setelah kontak langsung dengan pasien positif corona.

Baca juga: Positif Corona Kota Palu Bertambah Satu orang

Dan sesuai dengan Protokol Penanganan Virus Corona, orang tua bersangkutan mesti melakukan lockdown mandiri selama beberapa hari. Tujuannya, untuk menghindari penyebaran lebih luas lagi.

“Kami akan terus mengontrol perkembangan orang tua dengan riwayat kontak langsung dengan pasien positif corona,” tegasnya.

Sebelumnya, sudah 22 orang terkonfirmasi positif. Tiga wilayah ternyata menyumbang ketambahan positif virus corona di Sulawesi Tengah.

Menurut data website dinkes.sultengprov.go.id update 15 April 2020, tiga wilayah itu adalah Kabupaten Sigi, Poso dan Kota Palu. Masing-masing wilayah itu menyumbang satu orang positif corona.

Sementara itu, dari data terkonfirmasi positif yaitu empat yang dirawat di RSUD Undata, tiga di Rumah Sakit Anutapura, satu dirawat di RSUD Poso, satu di RSUD Mokopido, delapan menjalani isolasi mandiri di Makassar, tiga telah meninggal dunia dan dua pasien dinyatakan sembuh.

Dari 27 kasus PDP, 12 diantaranya isolasi mandiri, satu PDP di RSUD Anuntaloko Parigi Moutong, satu PDP di RSUD Poso, dua di RSU Kabupaten Buol, empat di RSUD Kolonedale, lima di RSU Anutapura, dan dua di RSUD Undata.

Baca juga: Bertambah, Positif Corona Sulawesi Tengah Menjadi 22 Orang

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.