Minggu, Mei 16, 2021
BerandaSulawesi TengahPeringatan Dini Kondisi Cuaca Sulawesi Tengah 4 Februari 2021

Peringatan Dini Kondisi Cuaca Sulawesi Tengah 4 Februari 2021

- Advertisement -spot_img

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– BMKG mengeluarkan peringatan kondisi cuaca Sulawesi Tengah 4 Februari 2021.

Peringatan kondisi cuaca Sulawesi Tengah hari ini menyebut, terdapat potensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di beberapa wilayah.

“Kondisi itu akan berlangsung hingga pukul 16.00 Wita, Kamis 4 Februari 2021,” rilis peringatan cuaca Sulawesi Tengah dari BMKG pukul 13.00 Wita, Kamis 4 Februari 2021.

Wilayah yang mendapat peringatan kondisi cuaca Sulawesi Tengah terkini dari BMKG yaitu Donggala, Parigi Moutong, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali dan Morowali Utara.

Baca juga: BMKG Perkirakan Hujan Lebat Landa Sulawesi Tengah Selama Sepekan

Potensi Bencana Hidrometeorologi

Hujan ekstrem sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor yang dapat membahayakan bagi publik. Serta hujan lebat disertai kilat atau petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG, Ardhasena menjelaskan, dengan adanya potensi cuaca ekstrem, berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah.

Potensi banjir pada Dasarian I Februari (sepuluh hari ke-1) di bulan Februari 2021 yaitu sebagian kecil Bengkulu, Banten bagian selatan, Sebagian kecil Jawa Barat bagian timur dan selatan, sebagian besar Jawa Tengah bagian Barat dan timur, sebagian kecil selatan DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian timur, tengah dan selatan, Bali bagian utara dan selatan, sebagian kecil Nusa Tenggara Barat bagian barat dan timur, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur bagian barat dan timur, sebagian kecil Kalimantan Barat bagian utara, sebagian kecil Kalimantan Tengah bagian utara, sebagian kecil Kalimantan Selatan bagian timur, Sebagian kecil Kalimantan Timur bagian barat, sebagian kecil Sulawesi Tengah bagian utara dan selatan, Sulawesi Selatan bagian selatan dan utara, Sulawesi Tenggara bagian utara, sebagian kecil Maluku bagian selatan, sebagian kecil Papua Barat bagian timur dan Provinsi Papua bagian utara.

“Informasi potensi banjir kategori menengah hingga tinggi untuk 10 hari ke depan ini sebagai upaya mitigasi agar menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi masyarakat terhadap potensi bencana banjir, longsor, dan banjir bandang,” tuturnya.

BMKG beri peringatan kondisi cuaca Sulawesi Tengah, hari ini dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kota Palu, Sigi dan sekitarnya.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG di Sulawesi Tengah

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.