Kompetensi Guru di Sulteng, Dukung Suksesnya Belajar Jarak Jauh

  • Whatsapp
Kompetensi Guru di Sulawesi Tengah Sulteng, Dukung Suksenya Belajar Jarak Jauh
Kompetensi Guru di Sulteng, Dukung Suksenya Belajar Jarak Jauh.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiPeningkatan kompetensi guru mata pelajaran saat pembelajaran masa new normal, jadi hasil rekomendasi rapat antar satuan pendidikan SMA, SMK, SLB dan Dikbud di Provinsi Sulteng.

“Selama ini saya banyak menerima keluhan orang tua murid terkait efektivitas belajar jarak jauh atau belajar dari rumah satuan pendidikan selama covid-19,” ungkap Sekprov Sulawesi Tengah H. Moh. Hidayat Lamakarate, di ruang kerja Sekprov, Senin 27 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, selama ini banyak orangtua yang resah dan bertanya-tanya bagaimana sebenarnya pola belajar jarak jauh.

Apakah hanya bersifat statis dengan pemberian penugasan kepada murid lalu guru mengecek kehadiran murid. Atau sebaliknya terjadi interaksi belajar mengajar layaknya pertemuan tatap muka di sekolah.

Sehingga, pihaknya diharapkan dapat memberi jawaban kepada warga terkait pola belajar itu.

“Sedangkan, dinas dapat membantu identifikasi masalah yang dialami satuan pendidikan saat pelaksanaannya,” tuturnya.

Kadis Dikbud Provinsi Sulteng Irwan Lahace mengatakan, untuk mendukung pembelajaran new normal, dinas telah menginstruksikan satuan pendidikan di bawah kewenangan provinsi untuk melaksanakan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai SE Nomor 001/05 SEK/Dikbud, tanggal 24 Juli 2020.

Meski belakangan ini, kurva penyebaran Covid-19 Sulteng melandai dan tingkat penyembuhan sangat tinggi. Namun, Dikbud Provinsi Sulteng masih belum membolehkan kegiatan belajar mengajar diaktifkan kembali di sekolah.

“Hal itu dilakukan, dengan pertimbangan aspek keselamatan peserta didik untuk mencegah merebaknya klaster penyebaran baru,” jelasnya.

Untuk itu, keluarnya edaran tadi tambah kadis sangat relevan dengan beberapa aturan terdahulu seperti SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020; SE Sekjen No 15 Tahun 2020; SKB 4 menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19; dan SE Gubernur Sulteng No 420/356/Dikbud tentang penyelenggaraan pembelajaran di satuan pendidikan PAUD/RA/SD/MI/SMP/Mts/SMA/MA/SMK dan satuan pendidikan lainnya pada tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19, tanggal 6 Juli 2020.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.