2Banner GIF 2021

KKB Papua Pimpinan Tendius Diduga Tewaskan Satu Prajurit TNI

KKB Papua Pimpinan Tendius Tewaskan Satu Prajurit TNI
Dok. Puspen TNI

Nasional, gemasulawesi – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge diduga menembak tewas satu prajurit TNI di Jayapura, Papua Sabtu 20 November 2021.

Berdasarkan informasi ada dua prajurit TNI menjadi korban penembakan saat itu satu prajurit disebut tewas sedang satu lagi sedang menjalani perawatan.

Baca juga: KKB Pimpinan Udinus Kogoya Diduga Serang Polsek Sugapa

Diketahui identitas dua prajurit TNI yang tertembak adalah, Sertu Ari baskoro (gugur) dan komandan koramil suru-suru, Kapten Arviandi yang terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu Komandan Dandim 1725 Yahukimo, Letkol Insfanteri Christian Irreuw, menyebutkan jenazah Ari Baskoro telah dievakuasi dari Dekai menuju Sentani Jayapura Papua.

Baca juga: Satu Polisi Parimo Tertembak di Kotaraya

Prajurit TNI Ari Baskoro berasal dari Kendal Jawa Tengah, rencananya dari Sentani akan diterbangkan ke Surabaya Minggu, 21 November 2021 untuk selanjutnya dipulangkan ke kampung halamannya.

“Sudah di evakuasi menggunakan pesawat,” terangnya.

Baca juga: KontraS Menilai Ada Dugaan Pelanggaran HAM Dalam Penembakan Enam Laskar FPI

Prajurit TNI Sertu Ari Baskoro dan Kapten Arviandi adalah anggota Kodam Iskandar Muda, Aceh.

Saat ini Kapten Arviandi sendiri sedang menjalani perawatan intensif di RST Marthen Indey, Jayapura.

Posisi tertembaknya kedua prajurit TNI tersebut hingga saat ini belum bisa dipastikan, laporan tertulis terkait kejadian tersebut belum diterima Komandan Kodim 1725.

Namun ia memastikan, pelaku penembakan adalah pihak KKB Papua pimpinan Tendius Gwijangge.

Saat ini kata dia, pihaknya telah mendapatkan informasi pihak KKB akan melakukan penyerangan di Kodim maupun pos pos penjagaan TNI.

“Kita sudah siap siaga saat ini, semua prajurit TNI kita siagakan untuk mengantisipasi hal itu. Kemungkinan penyerangan dilakukan saat peringatan hari jadi papua merdeka tanggal 1 Desember,” urainya.

Ia menambahkan, pada Sabtu 20 November 2021 pukul 06.00 WIT, KKB beraksi melakukan penembakan koramil Suru suru yang merupakan koramil persiapan. Baku tembak kata dia, terjadi hingga pukul 12.00 WIT. (**/fan)

Baca juga: Polisi Selidiki Insiden Penembakan Nelayan di Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post