Ketua AJI Kota Palu Kecam Ulah Oknum Polisi Rampas Handycam Wartawan Saat Meliput Aksi Demo

0
120
Ketua AJI Kota Palu Kecam Ulah Oknum Polisi Rampas Handycam Wartawan Saat Meliput Aksi Demo
ilustrasi

Palu, gemasulawesi.com- Ketua Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Kota Palu, Muhammad Iqbal mengecam aksi dari oknum polisi asal Polres Palu yang merampas handycam wartawan TVRI dan menghapus semua rekaman gambar terkait demonstrasi.

Atas ulahnya tersebut oknum polisi yang disebut bertugas di Polres Palu akan dilaporkan ke propam Polda Sulteng untuk mendapatkan sanksi atas tindakannya.

“Saat ini kami sedang berkumpul untuk mendampingi korban untuk melapor ke Propam Polda Sulteng,” tegasnya kepada gemasulawesi.com Rabu, 25 September 2019.

Ulah oknum polisi tersebut sudah sangat jelas melanggar UU Pers nomor 40 tahun 99 menghalang-halangi tugas pokok dan fungsi wartawan dalam mencari informasi.

Sementara itu pihak Polres palu sendiri belum bisa dikonfirmasi dan hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait dugaan perampasan handycam milik wartawan TVRI oleh anggotanya.

Arogansi yang ditunjukkan oleh oknum polisi terhadap kerja kerja jurnalistik tidak hanya terjadi di Kota Palu Provinsi Sulteng, tercatat beberapa kejadian tidak mengenakkan juga menimpa pewarta saat meliput aksi demo pada sejumlah daerah.

“Secepatnya kami akan merilis pernyataan sikap atas tindakan arogan dari oknum polisi yang merampas handycam wartawan TVRI saat meliput aksi,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, sejumlah mahasiswa Untad Provinsi Sulteng menjadi korban kekerasan oknum kepolisian saat melakukan aksi.

Bentrokan terjadi akibat perwakilan mahasiswa tidak diijinkan saat ingin memasuki kantor DPRD.

Baca juga: Demonstrasi Mahasiswa di DPR-RI Berujung Ricuh

Laporan : Tim gemasulawesi

Tinggalkan Balasan