5 Miliar Rupiah, Kerugian Materil Banjir Parigi Moutong

  • Whatsapp
5 Miliar Rupiah, Kerugian Materil Dampak Banjir Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah Sulteng
5 Miliar Rupiah, Kerugian Materil Dampak Banjir Parigi Moutong. Salah Satu Rumah Warga Terdampak di Desa Boyantongo.

Berita parigi moutong, gemasulawesiBanjir yang melanda beberapa wilayah Parigi Moutong, membawa kerugian materil hingga mencapai 5 Miliar Rupiah.

“Estimasi kerugian materil, berdasarkan hasil penelusuran data lapangan dari 13 desa terdampak banjir,” ungkap Kalak BPBD Parigi Moutong Aziz Tombolotutu, di Posko BPBD, Jumat 17 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Kerugian materil akibat banjir di beberapa wilayah Parigi Moutong. Yaitu, 61 rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang, lima rumah rusak ringan, 22 rumah hanyut terseret banjir dan 42 rumah terancam hanyut.

Selain itu, 155 rumah terendam, termasuk sarana dan prasarana umum lainnya ikut rusak. Contohnya, jembatan penghubung desa, tower, bangunan tempat pelelangan ikan dan Jalan Trans Sulawesi.

“Parigi Moutong membuka akses untuk para dermawan agar turut membantu meringankan beban warga terdampak bencana akibat banjir,” tuturnya.

Hingga saat ini, tercatat 3.091 warga Parigi Moutong terdampak banjir yang melanda wilayah Parigi dan sekitarnya.

Banjir juga memaksa sedikitnya 1.412 jiwa atau 412 kepala keluarga (KK) mengungsi. Pada situasi tanggap darurat, warga membutuhkan bahan makanan, pasokan air bersih, perlengkapan bayi dan perlengkapan tidur, termasuk tenda.

“Sementara ini, kami menampung warga di posko pengungsian. Khususnya, mereka yang bermukim di bantaran sungai. Hal itu guna mengantisipasi hal-hal buruk terjadi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pemerintah tidak menginginkan kondisi buruk terjadi. Karena ancaman banjir tidak bisa diprediksi. Sehingga, pihaknya hanya bisa mengantisipasi.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.