Kenali Berbagai Jenis Stres serta Cara Mengatasi

waktu baca 3 menit

Kupas tuntas, gemasulawesi – Setiap orang dapat alami stres karena berbagai macam hal. Jangan menganggap remeh, stres dapat menimbulkan dampak negatif ke kesehatan fisik serta mental seseorang. Penting untuk Anda kenali berbagai jenis stres serta cara tepat mengatasinya. Simak penjelasan lebih lanjutnya. 

Stres Adalah

Stres adalah respons pada berbagai hal yang butuhkan perhatian atau tindakan yang tertentu. Stres dapat sebabkan ketegangan fisik, emosional, serta psikologis. Stres umumnya muncul saat ada ketidakseimbangan di dalam hidup, termasuk ada ketidaksesuaian antara harapan dengan realita atau kenyataan terjadi. 

Ketika stres melanda, tubuh akan keluarkan hormon adrenalin serta kortisol. Kedua hormon ini dapat timbulkan berbagai macam reaksi pada tubuh, seperti denyut jantung yang meningkat, gangguan pencernaan, tekanan darah dan kadar gula darah yang meningkat hingga perubahan di dalam sistem saraf. Itulah sebabnya, hormon-hormon ini disebut pula dengan hormon stres.  

Stres dapat dipicu banyak hal, mulai dari masalah di aspek-aspek kehidupan sampai kebiasaan tak sehat, seperti merokok ataupun makan terlalu banyak. Jika tidak segera mengatasi stres, akan memperburuk kondisi psikologis dan kesehatan anda.

Jenis-Jenis Stres

  • Stres Akut

Stres akut adalah jenis dari stres jangka pendek terumum terjadi. Stres ini dapat terjadi dengan tiba-tiba serta tak berlangsung lama. Ketika alami stres akut, Anda mungkin akan rasakan keadaan emosional sedikit terguncang. Contohnya, ketika tiba-tiba bertemu dengan hal yang tak Anda suka. 

  • Stres Kronis

Stres kronis merupakan stres jangka panjang serta cenderung terjadi dengan teratur. Jenis ini dapat membuat Anda merasa lelah sekali jika terus dibiarkan. Contohnya, stress karena kehidupan pernikahan buruk atau pekerjaan melelahkan. 

Stres kronis dapat asalnya dari pengalaman traumatis atau trauma masa kecil yang membayangi terus sampai dewasa. Jika dibiarkan, stres kronis dapat timbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, gangguan tidur, penyakit kardiovaskuler, gangguan cemas, gangguan pencernaan, sampai depresi. Konseling mungkin dibutuhkan untuk atasi depresi serta bahaya stres yang lainnya. 

  • Stres Akut Episodik

Stres akut episodik merupakan stres akut yang terjadi terus serta dapat berlanjut sampai ciptakan kehidupan yang tertekan terus-menerus. Kehidupan penuh tekanan serta terjadi secara berkepanjangan dapat sebabkan stress akut episodik. 

  • Eustress

Tak semua stres buruk, eustress merupakan jenis stres positif menyenangkan. Jenis stres ini terjadi karena lonjakan adrenalin serta bisa buat Anda menjadi tetap berenergi. Stres eustress dapat timbul saat Anda dihadapkan tantangan menyenangkan. Contohnya, eustress dapat terjadi ketika Anda tengah balapan atau main ski.

Stres eustress dapat bantu Anda termotivasi, bekerja sesuai tujuan, serta merasa lebih bersemangat. Itulah mengapa eustress disebut stres positif. 

Cara Atasi Stres

Sejumlah cara atasi stres yang dapat dilakukan, seperti:

  • Cari tahu penyebab alami stres serta bagaimana cara menghadapinya. 
  • Sebelum respon, coba tarik napas sejenak guna tenangkan diri. 
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi serta cairan tubuh secara cukup. 
  • Olahraga dengan teratur bisa tingkatkan hormon bahagia.
  • Istirahat serta tidur cukup.
  • Melakukan teknik meditasi, relaksasi, ataupun latihan pernapasan. 
  • Menulis harian mengenai pemikiran, hal-hal positif yang harus disyukuri, serta kegiatan harian. 
  • Luangkan waktu lakukan hobi, seperti baca, tonton, atau dengarkan musik.
  • Jalin hubungan sosial sehat dengan keluarga, teman, maupun pasangan. 
  • Berkonsultasi dengan profesional untuk banti Anda identifikasikan jenis dari stres serta cara coping untuk kelola stress sesuai kondisi.
  • Hindari berbagai hal negatif untuk lampiaskan stres, seperti merokok atau minum alkohol. 

Jenis stres, baik negatif atau positif, adalah suatu hal umum terjadi di kehidupan. Banyak hal yang sebabkan stres, tapi Anda pun dapat kontrol diri di dalam respon serta hadapi sesuatu sebagai upaya hindari dan atasi stres. (*)

Baca: KPK Tangkap Tangan Bupati Bogor Ade Yasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.