2Banner GIF 2021

Kena OTT KPK, Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin Jadi Tersangka Suap

Kena OTT KPK, Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin Jadi Tersangka Suap
Foto: Kena OTT KPK, Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin Jadi Tersangka Suap.

Gemasulawesi– Kena OTT KPK, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menjadi tersangka suap berkaitan dengan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur.

“Setelah dilakukan pengumpulan berbagai bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dimaksud, KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan 4 tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu 16 Oktober 2021.

Berikut daftar tersangka dari OTT KPK Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Baca juga: KPK Amankan Uang 2 Miliar Hasil OTT Bupati Banggai Laut

Sebagai penerima suap:

  1. Dodi Reza Alex Noerdin (DRA) Bupati Bupati Musi Banyuasin periode 2017-2022
  2. Herman Mayori (HM) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin
  3. Eddi Umari (EU) Kepala Bidang SDA/PPK Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin

Pemberi suap:

  1. Suhandy (SUH), swasta, Direktur PT Selaras Simpati Nusantara

Tersangka pemberi suap SUH akan disangkakan pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 5 ayat 1 huruf b atau pasal 13 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sedangkan para penerima suap Dodi dkk disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sebelumnya, KPK menjalankan OTT Bupati Musi Banyuasin, Dodi Alex Reza Noerdin, Jumat, 15 Oktober 2021 malam berkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur.

Hal ini disampaikan Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Sabtu, 16 Oktober 2021 di Jakarta seperti dikutip Suara.com.

Menurut Ali Fikri, ada enam orang yang ditangkap. Mereka adalah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Salah satunya adalah Dodi.

“Sejauh ini ada sekitar enam orang diantaranya bupati Kabupaten Muba dan beberapa ASN di lingkungan Pemkab Muba,” kata Ali kepada wartawan.

Ali menambahkan, KPK telah rampung memeriksa mereka di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan. Sekarang, Dodi Reza Alex Noerdin dan lima orang lainnya akan segera dibawa ke Jakarta.

“Segera dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan,” tuturnya.

Dodi adalah anak mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Alex sekarang mendekam di tahanan setelah ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam dua perkara dugaan korupsi.

Dua perkara yang menjerat Alex adalah pembelian gas bumi oleh Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan tahun 2010-2019 dan perkara pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang. (****)

Baca juga: Kasus Suap Jembatan Palu IV, Kejati Sulteng Periksa 53 Saksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post