Jumat, Juni 25, 2021
Jangan Lupa Share

Kemnaker Tambah Jenis Jurusan Baru BLK

Termasuk Pelatihan Youtuber hingga Spa

Must read

Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menambah Pelatihan youtuber hingga spa menjadi jurusan baru BLK atau Balai Latihan kerja.

“Selain pelatihan youtuber, terapis spa juga ada kuliner, pembuatan konten film, barista, dan animasi,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan resmi, Kamis 10 Juni 2021.

Jurusan terapis spa menjadi salah satu jenis kejuruan baru BLK dan andalan dalam mendukung sektor pariwisata.

Kejuruan baru BLK ini akan belajar cara melayani pasar tenaga kerja baru dalam negeri, luar negeri, dan wirausaha, sehingga peluang bagi lulusannya untuk bekerja lebih besar.

Baca juga: Wakil Rakyat Pertanyakan Usulan KTR di Parigi Moutong

“Sejumlah BLK komunitas di kawasan Danau Toba Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa,” sebutnya.

Terkait jurusan baru BLK kata dia, pihaknya akan bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, dan Wardah. Nantinya, siswa akan belajar cara meramu bahan ramuan tradisional.

Baca juga: Lagi, KSPI Akan Gelar Aksi Mogok Tolak UU Omnibus Law

Kemudian, siswa juga akan diajarkan jurusan baru BLK lainnya seperti cara memijat, totok wajah, refleksi, lulur, dan creambath.

Bahkan, mereka juga akan belajar cara menyambut tamu hingga menjaga kebersihan dan kenyamanan ruangan spa.

Baca juga: Dishub Akan Tertibkan Juru Parkir Liar di Pasar Parigi Moutong

“Spa merupakan layanan jasa penunjang pariwisata. Indonesia kaya dengan memanfaatkan rempah-rempah dan bahan jamu-jamuan,” terangnya.

Menurutnya, siswa akan belajar jurusan baru BLK sekitar 1,5 bulan. Setelah lulus, mereka akan menerima sertifikat sudah disiapkan dan didampingi untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Parimo Siapkan 46 Juru Imunisasi Suntik Vaksin Covid 19

Selain itu, Ida mengatakan pihaknya juga menambah pelatihan kuliner jurusan baru BLK. Siswa nantinya akan belajar aneka ragam masakan, baik makanan lokal dan internasional.

“Keahlian-keahlian membuat beraneka masakan pun diajarkan. Mau belajar masakan internasional, ada. Aneka kreasi pasta, pizza, dimsum, sushi, kimchi dan selera manca negara lainnya, bisa diajarkan di BLK Komunitas,” tutupnya. (***)

Baca juga: Tiga Jurus Rusdi Mastura Sejahterakan Warga Sulteng

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article