Kementrian ATR BPN Gelar FGD Revisi RTRW Parimo

331
Kementrian ATR BPN Gelar FGD Revisi RTRW Parimo
FGD RTRW Parimo Kementrian ATR BPN (Foto: Aqil)

Parimo, gemasulawesi.com Kementrian ATR BPN menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) tentang revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng.

Dari pantauan gemasulawesi.com, di aula kantor Bappelitbangda, Selasa, 02 Juli 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh tim Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Direktorat Jenderal Tata Ruang Republik Indonesia.

Direktorat Perencanaan Tata Ruang dengan Direktorat Jendral Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata Ruang, bekerja sama dengan Dinas PUPRP Kabupaten Parimo bersama sejumlah perwakilan OPD se-Kabupaten Parimo.

“Maksud pekerjaan ini sebagai upaya perencanaan tata ruang melalui revisi RTRW yang mempertimbangkan aspek multi kebencanaan dan potensi pengembangan wilayah,” ungkap Rivai, Sekretaris DPUPRP Parimo dalam kegiatan tersebut.

Ia melanjutkan, tujuan kegiatan untuk melakukan revisi RTRW Kabupaten Parimo yang berbasis mitigasi bencana dengan tetap memperhatikan aspek pengembangan wilayah.

Sasaran kegiatan tersebut, tersusunnya dokumen revisi RTRW Kabupaten Parimo yang berbasis mitigasi bencana. Dengan tetap memperhatikan aspek pengembangan wilayah, dalam rangka mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

Adapun isu strategis adalah adanya pedoman baru terkait dengan penyusunan RTRW Kabupaten sehingga berindikasi beberapa muatan revisi RTRW berubah menyesuaikan pedoman baru. Kebijakan yang belum diakomodir RTRW Parimo tahun 2010-2030.

“Dan terdapat pusat pelayanan serta peruntukan permukiman didalam RTRW yang termasuk kedalam potensi rawan bahaya tinggi. Baik itu gempa maupun tsunami sehingga perlu perhatian khusus terkait pengendalian dan mitigasi bencana,” terangnya.

FGD RTRW Kementrian ATR BPN Tahapan Lanjutan Dari Proses Penyusunan RTRW Parimo

FGD RTRW Kementrian ATR BPN merupakan tahapan lanjutan dari proses penyusunan RTRW yang dilaksanakan DPUPRP Parimo.

Beberapa waktu yang lalu, DPUPRP Parimo bersama seluruh OPD terkait telah melaksanakan Rakor bersama Dinas PU Provinsi Sulteng. Subtansi rakor ini adalah sinkronisasi data revisi RTRW Parimo.

DPUPRP Parimo mengundang semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Parimo agar memberi masukan tambahan untuk revisi RTRW Parimo. Dalam dokumen tersebut memerlukan berbagai peta pembangunan kegiatan OPD se-Kabupaten Parimo.

Sebelumnya, revisi RTRW Parimo mendapat penolakan dokumen revisi di Kementrian karena kurangnya prasyarat yang ditetapkan. Diantaranya dokumen peta rawan bencana.

RTRW dan RDTR sangat diperlukan untuk pembangunan rehab rumah warga pasca bencana gempa beberapa waktu lalu. Sehingga untuk saat ini fokusnya melengkapi dan menyusun peta rawan bencana dan peta kegiatan pembangunan OPD.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.