Banner Dinkes 2021 (1365X260)

Kemenkes Minta Vaksinasi Kelompok Rentan Segera Terlaksana di Daerah

Kemenkes Minta Vaksinasi Kelompok Rentan Segera Terlaksana di Daerah
Foto: Pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Parigi Moutong.

Berita nasional, gemasulawesi– Kemenkes keluarkan surat edaran meminta daerah segera laksanakan vaksinasi kelompok rentan tahap ketiga.

“Surat edaran bernomor HK.02.02/I/1727/2021 itu ditujukan kepada kepada direktur rumah sakit dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan,” ungkap Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bahkan, Kemenkes meminta daerah segera melaksanakan vaksinasi kelompok rentan tahap ketiga mulai Kamis 1 Juli 2021.

Vaksinasi kelompok rentan tahap 3 bagi masyarakat rentan dan masyarakat umum serta pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi anak usia 12-17 tahun.

Baca juga: Delapan Warga Curi Kabel PT Telkom di Sigi, Sulawesi Tengah

Mempertimbangkan makin meluasnya penyebaran covid 19 pada anak-anak, Kemenkes menyatakan perlu mendapatkan vaksinasi kelompok rentan.

“Sesuai dengan asupan dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan persetujuan penggunaan Vaksin covid 19 produksi PT Biofarma (Sinovac) untuk kelompok usia lebih dari atau sama dengan 12 tahun dari BPOM tertanggal 27 Juni 2021, vaksinasi dapat diberikan bagi anak usia 12-17 tahun,” sebutnya.

Daerah dan fasilitas kesehatan diminta melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dengan beberapa ketentuan.

Baca juga: Wilayah Sulawesi Tengah, Salah Satu Destinasi Wisata Populer Indonesia

Yakni, pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah/madrasah/pesantren berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama setempat untuk mempermudah pendataan dan monitoring pelaksanaan.

“Mekanisme skrining, pelaksanaan dan observasi sama seperti vaksinasi pada usia lebih dari atau sama dengan 18 tahun,” jelasnya.

Baca juga: Walikota Serahkan 181 Sertifikat Tanah Program PTSL Kota Palu

Ia menyebut peserta vaksinasi kelompok rentan harus membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak.

Pencatatan dalam aplikasi PCare vaksinasi kata dia, dimasukkan dalam kelompok remaja. Dan menggunakan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak atau interval minimal 28 hari.

“Juga diinstruksikan agar dilakukan identifikasi dan percepatan vaksinasi bagi sasaran tahap 1 dan tahap 2 yang belum mendapatkan dua dosis vaksinasi,” tutupnya. (**)

Baca juga: BPBD Luncurkan SIBIMO Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post