Banner Dinkes 2021 (1365X260)

Kemendikbud Buka Beasiswa Magang Bersertifikat Mahasiswa Vokasi

Kemendikbud Buka Beasiswa Magang Bersertifikat Mahasiswa Vokasi
Foto: Illustrasi Mahasiswa Vokasi.

Berita nasional, gemasulawesi– Kemendikbud membuka kesempatan bagi mahasiswa vokasi diseluruh Indonesia, untuk mendapatkan program beasiswa magang bersertifikat.

“Program itu memberikan kesiapan untuk terjun di dunia kerja setelah menamatkan pendidikan di perguruan tinggi,” Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto, dikutip dari laman Kemendikbud, Sabtu 24 Juli 2021.

Beasiswa magang bersertifikat merupakan Program Kampus Merdeka Vokasi 2021 bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: KKP Segera Resmikan Pendidikan Vokasi Parigi Moutong

Nantinya, mahasiswa juga akan mendapatkan beasiswa magang bersertifikat. Mulai dari dana pendidikan/ pemagangan hingga dana pendukung seperti biaya hidup, dana asuransi, dan lain-lain.

Ada 110 perusahaan mitra dengan total kuota 9.034 posisi untuk program beasiswa magang.

Beberapa contoh sektor pekerjaan ditawarkan kepada mahasiswa adalah teknologi, kesehatan, BUMN, multilateral dan nonprofit, serta bidang profesional lainnya.

“Pokoknya, sebelum lulus, jangan sampai anak-anak kita belum pernah terjun ke air. Dua program ini memastikan anak-anak siap berenang di lautan setelah lulus dari kampus. Kami menerjunkan anak-anak belajar berenang di lautan, dengan dua program ini,” ujarnya.

Baca juga: Menaker: 2021-2022 Dicanangkan Sebagai Tahun Program Magang

Program beasiswa kesempatan hadapi persaingan global

Program beasiswa magang ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa jenjang D2, D3, maupun sarjana terapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) berkolaborasi dengan LPDP.

Industri juga wajib memberikan pelatihan dan program pemagangan berbasis project.

“Program ini didesain untuk memberi kesempatan bagi yang sungguh-sungguh dan benar-benar terbaik, para calon pemimpin. Di sisi lain, industri wajib melatih dan memberi pemagangan berbasis project,” kata dia.

Baca juga: Pendidikan Vokasi di Sulawesi Tengah Solusi Penyediaan SDM

Sementara itu, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Ditjen Diksi, Ahmad Saufi mengatakan, program itu merupakan salah upaya untuk mahasiswa agar bisa menghadapi persaingan global.

Dan adaptasi dengan perkembangan dunia industri baik dalam maupun luar negeri.

“Kami terus memperkuat kualitas lulusan PTV seluruh jenjang. Kami juga berharap dapat meningkatkan link and match antara sumber daya manusia vokasi dengan DUDI,” tutupnya. (***)

Baca juga: Parimo Buka Penerimaan Peserta Didik Vokasi Kelautan dan Perikanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post