2Banner GIF 2021

Kemendagri Minta PKK Berperan Sosialisasi Penerapan Prokes

Kemendagri Minta PKK Berperan Mensosialisasikan Penerapan Prokes
Foto: Mendagri Tito Karnavian. Kemendagri Minta PKK Berperan Mensosialisasikan Penerapan Prokes.

Gemasulawesi- Sebagai mesin menggerakkan program pemerintah hingga ke hilir, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau PKK diminta memainkan peran strategis untuk terus mensosialisasikan penerapan Protokol kesehatan (Prokes), terutama penggunaan masker.

“Tolong kita konsisten, sehingga ibu-ibu yang masuk sampai ke keluarga ini, kita harapkan terus menggerakkan, mensosialisasikan, mengkampanyekan, bila perlu membagikan masker,” ungkap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, di Jakarta Pusat, Selasa 26 Oktober 2021.

Dia mewanti-wanti, jangan sampai, terkendalinya pandemi membuat masyarakat semakin abai dalam menggunakan masker.

Baca juga: Parigi Moutong Salah Satu Daerah Guru Penggerak Percontohan di Sulteng  

Terkait penerapan Prokes, kader PKK juga dianggap penting untuk mengingatkan masyarakat agar mengurangi mobilitas dan menjaga jarak.

Kemudian menurut dia, kader PKK juga memiliki peran strategis dalam mengkampanyekan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat.

Pentingnya pemahaman dalam penerapan protokol kesehatan bagi keluarga, kata Mendagri, sebagai suatu langkah yang diperlukan dan perlu diatensi PKK.

Dia mengatakan, sebagai organisasi yang dekat dengan masyarakat, PKK harus mengambil peran untuk bergerak agar masyarakat tak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah penurunan kasus positif aktif.

“Kita harapkan PKK dapat mengambil bagian, sekarang terkendali (pandemi), tapi kita jangan lengah,” katanya.

Apalagi, di saat kasus penularan Covid19 mulai melandai, pertemuan tatap muka di sekolah, misalnya, sudah mulai dilaksanakan. Karena itu, PKK diminta bergerak agar keluarga tak abai menerapkan upaya pencegahan penularan virus.

Dia pun meminta masyarakat tak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan Covid19. Pasalnya, turunnya tren kasus penularan atau positivity rate covid19 tetap harus diwaspadai bersama.

Diketahui, Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada setiap jenjang untuk terlaksananya program PKK.

Anggota Tim Penggerak PKK adalah warga masyarakat baik laki-laki maupun perempuan, perorangan, bersifat sukarela, tidak mewakili organisasi, golongan, partai politik, lembaga atau instansi, dan berfungsi sebagai perencana, pelaksana, pengendali Gerakan PKK. (***)

Baca juga: Wali Kota Palu Andalkan PKK Tekan Pandemi Virus Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post