Kemendag Pastikan Pasokan Bapok Jelang Ramadhan Terkendali

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kementerian Perdagangan menggelar Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2022/1443 H di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/2/2022). Rapat dipimpin Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi dihadiri jajaran Kemendag. (Foto: Kemendag)

Surabaya, gemasulawesi.com- Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan barang kebutuhan Bahan pokok (Bapok), menghadapi bulan Ramadhan dan lebaran hari raya Idhul Fitri terkendali dengan harga terjangkau.

“Dalam satu setengah bulan kedepan, kebutuhan Bapok tersedia di seluruh wilayah Indonesia, walaupun ada beberapa kendala kita temui terkait distribusi komiditas Minyak goring (Migor) khususnya untuk wilayah terluar Indonesia,” ungkapnya.

Lutfi optimis, dalam beberapa waktu kedepan, harga Migor akan berangsur normal karena secara umum pasokan Migor sudah digelontorkan secara merata.

Baca: MUI Parigi Moutong Bolehkan Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan di Mesjid

Kemendag kata dia, memastikan stok ada, tidak merugikan petani dan dipastikan bisa memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

“Kondisi ketegangan antara Rusia dan Ukraina perlu untuk diwaspadai akan memberikan dampak kenaikan harga pada komoditas tertentu. Seperti terigu, kedua Negara itu penghasil utama dunia untuk terigu,” tuturnya.

Selain itu harga komoditas kedelai juga patut diwaspadai karena perubahan iklim situasi basah mengganggu produksi kedelai di Negara produsen Amerika Latin.

Baca: Jelang Ramadhan 2021, Harga Kebutuhan Pokok di Parimo Terpantau Stabil

Semua itulah yang dibahas dalam Rakornas untuk memastikan stok dan memitigasi lonjakan harga.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan menyampaikan, Rakornas dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi dan identifikasi kesiapan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perum Bulog, Satgas Pangan Polri, dan pelaku usaha.

Khususnya, dalam mengantisipasi kecukupan stok/pasokan bapok dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2022/1443 H.

“Rakornas merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Lebaran. Menjaga stabilitas harga serta ketersediaan pasokan,” pungkasnya. (Adv)

Baca: Operasi Pasar Murah Parimo, Jual Gas 3 Kg Dibawah HET

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.