Keluhan Ratusan Warga Korban Gempa, Belum Tersentuh Bantuan

0
153
Keluhan Ratusan Warga Korban Gempa, Belum Tersentuh Bantuan
Rumah Korban Gempa Toribulu (Foto:gemasulawesi)

Parimo, gemasulawesi.com Keluhan ratusan warga korban gempa Kecamatan Toribulu hingga kini belum tersentuh bantuan dari Pemda Parimo.

Hampir sebulan pasca masa tanggap darurat bencana gempa yang melanda wilayah Parimo, keluhan warga Toribulu, belum juga mendapatkan bantuan dari pihak terkait.

Kepada gemasulawesi.com, salah seorang warga Desa Singura Kecamatan Toribulu menuturkan, hingga saat ini dirinya belum mendapatkan bantuan dari pemda.

“Sampai sekarang, belum ada kami dapat bantuan, jangankan makanan, tenda saja tidak ada,” ujarnya.

Padahal yang rumahnya mengalami rusak berat dan telah mendapat pendataan dari pemerintah kecamatan setempat.

Pantauan media ini, terdapat beberapa rumah panggung roboh yang terpaksa harus dibangun kembali secara swadaya oleh warga, menggunakan sisa – sisa material bangunan sebelumnya.

Diketahui, BPBD Kabupaten Parimo tertanggal 7 dan 14 Oktober 2018 telah mendapat sekitar 2000 bantuan terpal.

“Ada juga matras 2500an dan selimut 2800an,” beber sumber yang enggan namanya dikorankan.

Kemudian, 9 Oktober 2018 mendapat 10 unit mesin genset berkapasitas 5 KVH dan lima unit yang berkapasitas 7,5 KVH dari BPBD Propinsi Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, BPBD Parimo juga telah menerima gelontoran anggaran tanggap darurat bencana bersumber dari APBD senilai Rp 500 Juta.

“Anggaran tersebut telah diterima sejak hari kedua pasca bencana dari total anggaran tanggap darurat sekitar Rp 700 Jutaan lebih,” jelasnya.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Parimo, Arifin Amat yang dikonfirmasi, Selasa, 9 Oktober 2018 (red), membenarkan telah menerima anggaran tanggap darurat senilai Rp350 juta.

Kalau anggaran itu senilai Rp350 juta benar sudah kami terima dan telah digunakan untuk kepentingan pengadaan logistik dan biaya operasional.

“Logistik itu sendiri telah kami salurkan ke sejumlah titik pengungsian pada sejumlah kecamatan,” tutupnya.

Laporan: Daniel

Tinggalkan Balasan