Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Kebijakan Percepatan Penyelesaian Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Kebijakan Percepatan Penyelesaian Rehabilitasi dan Rekonstruksi
Foto: Rapat Gubernur Sulawesi Tengah terkait rehab rekon.

Gemasulawesi– Sulawesi Tengah telah mengambil berbagai kebijakan untuk percepatan penyelesaian rehabilitasi dan rekonstruksi dampak bencana tahun 2018.

“Kalau ada persyaratan memerlukan pernyataan saya, akan saya berikan agar percepatan realisasi Rehab dan Rekon dapat cepat terealisasi,” ungkap Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura, di Kota Palu, Rabu 25 Agustus 2021.

Menurut dia, alokasi anggaran itu untuk kegiatan pembebasan lahan di Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Baca juga: Ini Poin Penanganan Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana 2018

Selain itu kata dia, sebagaian untuk pematangan tanah di Talise, pembebasan lahan Pembangunan sarana air bersih sebesar Rp61.8 Miliar.

Satgas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Ferdinan Kanalo mengatakan, untuk mendukung percepatan pemulihan dari peristiwa bencana 2018 kemarin, pihaknya akan segera melakukan pelelangan pembangunan rumah untuk masyarakat terdampak bencana Tsunami di Kelurahan Talise.

Baca juga: Progres Rekonstruksi Jalan di Parigi Moutong Belum Capai Target

Jumlahnya kata dia, berkisar 1000 unit, tetapi masih mengalami kendala karena Bank Dunia masih menunggu kejelasan by name by adress warga yang akan menempati perumahan itu

“Demikian juga untuk pembangunan Perumahan di Petobo PUPR menunggu Kejelasan tanah sudah di bebaskan dan nama-nama yang akan menempati perumahan yang akan dibangun di Petobo itu,” ujar Ferdinan Kanalo, di depan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Baca juga: ICW Nilai Janggal Penanganan Kasus Korupsi Bansos di KPK

Dia juga menyampaikan tentang sumber air bersih dari Kawatuna dan penataan Pantai Talise bangunan Salabeta. Selain dua itu, Ferdinan juga menyampaikan untuk pembangunan Masjid Agung, Kantor Bupati Sigi, Kantor BPBD dan Kantor BPLH.

Dia menyarankan kiranya Gubernur dapat meminta bantuan langsung ke Menteri PUPR untuk mendapatkan persetujuan.

Baca juga: Rehab Bendung dan Irigasi Gumbasa Tahap II Target Rampung 2023

Rapat percepatan penyelesaian rehabilitasi dan rekonstruksi bencana

Sebelumnya, Tim Ahli Gubernur Sulawesi Tengah, Ridha Saleh didampingi Staf Ahli Gubernur Dahri Saleh ikuti rapat percepatan penyelesaian penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, antara Pemprov Sulteng, DPRD Sulteng, DPRD Kota Palu dan BPN/ATR Kota Palu.

Dia mengatakan, dalam rapat itu pihaknya telah menyepakati beberapa hal, yang harus segera ditindaklanjuti, sesuai dengan batas waktu juga telah ditetapkan. (***)

Baca juga: 60 Hari, Target Parimo Selesaikan Temuan BPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post