Keberadaan Posyandu Dapat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak

waktu baca 2 menit

Kesehatan, gemasulawesi – Keberadaan Posyandu sangat di perlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat utamanya terkait upaya peningkatan status gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kadis Kesehatan Parigi Moutong Elen Nelwan SSos MKes, saat gelar kegiatan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah di Hotel Ludya Kampal Parigi, Kamis 5 Mei 2022.

“Kegiatan ini dimaksudkan, agar masyarakat memahami pentingnya keberadaan Posyandu,” ungkap elen dalam kegiatan tersebut.

Ia juga mengatakan, pentingnya peran Posyandu dalam upaya promotif dan preventif kepada masyarakat hal ini di ucapkan saat membahas kegiatan kerja sama Dinas Kesehatan
Provinsi Sulawesi Tengah terkait penguatan Percepetan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal tahun 2022.

Menurut Elen, terkait hal ini diperlukan peran dan dukungan dari pemerintah terhadap Posyandu melalui Puskesmas untuk memperlancar pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan di Posyandu.

“Tentunya hal tersebut perlu diperkuat melalui peran lintas sektor, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pedoman Pembentukan Pokja Operasional Posyandu dan Permendagri Nomor 19 Tahun 2011 tentang Keterpaduan Pelayanan Sosial Dasar Posyandu,” Ucapnya.

Baca: KKB Papua Kembali Buat Aksi Keributan Kini Seorang Supir Jadi Korban

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah atas kepercayaan kepada Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat kegiatan.

“Secara pribadi saya dan tim Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong sangat berterima kasih kepada Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah memilih Parigi Moutong sebagai lokasi kegiatannya, dan juga sudah mau menggerakan kembali Pokjanal,” jelasnya.

Elen melanjutkan, kegiatan ini sangat penting mengingat sudah hampir 3 tahun kita terpaksa hidup dengan Covid19.

Ellen mengatakan, banyak kegiatan Posyandu yang telah dilaksanakan secara maksimal, tapi akan lebih baik lagi jika kegiatan Posyandu kembali seperti semula, ada pertemuan yang nyata, rutin dan juga terkoordinasi dengan baik dengan melibatkan semua unsur. (*)

Baca: Indonesia Berpeluang Merubah Status Pandemik Jadi Endemik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.