2Banner GIF 2021

Kapolri Mutasi Perwira Tinggi, dari Pulau Jawa sampai Sulawesi

Kapolri Mutasi Perwira Tinggi, dari Pulau Jawa sampai Sulawesi
Foto: Illustrasi. Kapolri Mutasi Perwira Tinggi, dari Pulau Jawa sampai Sulawesi.

Gemasulawesi– Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mutasi sejumlah perwira tinggi dengan menerbitkan Surat Telegram Nomor ST/2278/X/KEP./2021 tanggal 31 Oktober 2021 yang ditandatangai Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Wahyu Widada.

Dalam surat telegram Kapolri diterima awak media pada Senin malam, sejumlah perwira tinggi yang dirotasi dan mutasi, yakni Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Ahmad Dofiri diangkat sebagai Kabaintelkam Polri.

Jabatan ini sebelumnya ditempati Komjen Pol. Paulus Waterpauw yang diangkat Presiden sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) pada tanggal 27 Oktober lalu.

Baca juga: 60 Mahasiswa di Sulawesi Tengah Dilantik Jadi Relawan Vaksin

Perwira tinggi lainnya yang dimutasi adalah Kepala Divisi Humas Irjen Pol. Argo Yuwono akan menempati jabatan baru sebagai Aslog Kapolri.

Kapolri mengangkat Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah menggantikan Argo menjadi Kepala Divisi Humas Polri.

Selain itu, Kapolri juga memutasi Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono sebagai pati Korlantas Polri dalam rangka pensiun. Dia digantikan oleh Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang kini menjabat Aslog Kapolri.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Brigjen Pol. Helmy Santika juga dimutasi sebagai Sahlijemen Kapolri. Posisi Helmy digantikan oleh Kombes Pol. Wishnu Hermawan Februanto yang naik jabatan dari Wadirpideksus menjadi Dirtipideksus.

Jabatan Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Irjen Pol. Suntana yang sekarang ini menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri, sedangkan jabatan Wakabaintelkan nantinya diisi Irjen Pol. Merdisyam yang kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Posisi Kapolda Sulawesi Selatan nantinya diisi oleh Irjen Pol. Nana Sudjana.

Terdapat 43 nama perwira tinggi yang dimutasi dalam surat telegram bernomor ST/2278/X/KEP./2021.

Total ada empat surat telegram yang diterbitkan Kapolri dan ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Wahyu Widada.

Pada Surat Telegram Nomor ST/2279/X/KEP./2021 terdapat 53 nama perwira yang dimutasi, termasuk di dalamnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus yang diangkat sebagai Dirregident Korlantas Polri.

Kombes Pol. E. Zulpan yang saat ini menjabat Kabidhumas Polda Sulsel diangkat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Surat telegram berikutnya ST/2277/X/KEP./2021 terdapat 14 nama perwira menengah yang dimutasi dan ST/2280/X/KEP./2021 ada 63 nama perwira yang dimutasi sehingga dari keempat surat telegram tersebut, Kapolri memutasi dan merotasi 173 perwiranya.

Berikut daftar enam Kapolda yang dimutasi:

  1. Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri jadi Kabaintelkam, digantikan oleh Wakabaintelkam Irjen Suntana
  2. Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam jadi Wakabaintelkam, digantikan oleh Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana
  3. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Mulyatno jadi Kapolda Sulut, menggantikan Irjen Nana Sudjana
  4. Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo jadi Kadiv Humas Polri, digantikan oleh Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Nanang Avianto
  5. Kapolda Babel Irjen Anang Syarif Hidayat jadi Sahlisosbud Kapolri, digantikan oleh Kapolda Sultra Irjen Yan Sultra Indrajaya
  6. Pati Baintelkam Polri Irjen Teguh Pristiwanto jadi Kapolda Sultra, menggantikan Irjen Yan Sultra. (****)

Baca juga: Presiden: Gesekan TNI dan Polri Harus Disudahi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post