Kamera Kurang Bagus? Gunakan Teknik Ini Dalam Pengambilan Gambar

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Tidak memiliki kamera yang bagus dan mahal bukan berarti tidak bisa mengambil gambar yang bagus, karena semua itu tergantung pada teknik artistik dan insting kita  untuk mendapatkan foto yang bagus. 

Dan sebaliknya, memiliki kamera  mahal bukan berarti bisa menghasilkan gambar yang bagus, apalagi jika 2 faktor di atas tidak terpenuhi.

Bagaimana jika yang kita miliki hanyalah kamera di ponsel/smartphone/ponsel? Masih bisakah Anda mengambil foto yang bagus?

Tentu  bisa asalkan tahu tekniknya, dan pada artikel kali ini Aslijeplak akan memberikan panduan tentang 9 cara memotret yang baik dengan kamera handphone/smartphone/handphone agar hasilnya tidak kalah dengan  foto yang diambil oleh selebriti.

Baca: 5 Poin Penting Untuk Atur Keuangan Bagi Para Fresh Graduate

  1. Atur eksposur kamera

Poin terpenting saat mengambil gambar dengan kamera apa pun adalah  pencahayaan.

Dan bukan hanya  lampu yang berkedip atau peralatan pencahayaan yang mahal, terkadang cahaya hangat atau cahaya matahari terbenam dapat membuat foto terasa berbeda.

Karena ponsel umumnya tidak berfungsi dengan baik untuk mengambil gambar di area dengan cahaya redup, pastikan untuk memotret hanya  saat Anda berada di area dengan cahaya yang  cukup, baik di bawah sinar matahari langsung, di bawah meja lampu, atau lampu suasana hati.

  1. Hindari Zoom Digital pada Kamera

digital zoom Ini adalah salah satu faktor terpenting, terutama bagi pengguna smartphone dan kamera saku pada umumnya.  Zoom digital pada kedua perangkat  dijamin dan DIJAMIN untuk membuat  gambar goyah yang  tidak Anda inginkan.

Lebih baik melakukan sedikit usaha sambil berjongkok, berjinjit atau  mendekati objek daripada menggunakan fungsi Zoom karena hasilnya jauh lebih baik.

    3. Jangan goyang Kameranya

Bila ingin mengambil gambar usahakan jangan bergerak secara berlebihan, intinya disini perlu latihan untuk melakukan pengambilan memegang handphone anda senyaman mungkin dan tidak menggoyangkannya terutama saat igin menekan tombol shutter

   4. Mengubah sudut kamera

 Metode ini  sangat bergantung pada naluri artistik Anda, karena  mengubah sudut kamera tidak selalu menghasilkan  foto yang bagus.

 Anda juga harus tahu dulu prinsip rule of thirds, yaitu membayangkan bahwa gambar Anda akan dibagi menjadi kotak imajiner 3×3.

  1. Membersihkan Lensa Kamera

Pastikan lensa kamera anda bersih bila ingin mengambil gambar dengan kualitas yang baik, dan juga pastikan  kasing kamera anda tidak mengganggu bidikan kamera

    6. Gunakan Kamera Mengambil foto berulang kali

 Jangan berharap untuk mendapatkan hasil maksimal dari foto Anda hanya dengan 12 foto, kecuali jika Anda seorang jenius fotografi berusia 1000 tahun  (hayah). Ambil foto sebanyak mungkin, lalu pilih yang terbaik. Jelajahi sudut pandang yang berbeda dan jangan pikirkan hasil terlebih dahulu.

  1. Manfaatkan Refleksi

 Manfaatkan  pantulan atau pantulan apa pun yang bisa Anda dapatkan dari cermin atau objek yang memantulkan pantulan objek pada foto yang ingin Anda ambil.  

Metode ini menjadi salah satu yang sering  banyak di lakukan teknik yang dapat digunakan untuk memberikan kesan artistik pada foto.

  1. Bersenang-senanglah, jangan menjadi beban

ini menjadi hal yang di utamakan Jangan karena Anda terlalu putus asa untuk menjadi seorang selebriti, eh, seorang selebriti terkenal  membuat Anda stres dan membuat Anda merasa seperti dikejar waktu.

Santai dan nikmati proses menemukan bidikan yang bagus karena peralatan terbatas,  jadi mengapa merasa stres dan terburu-buru.

Faktanya, tidak perlu kamera yang bagus, anda harus tenang dan bahagia akan membuat  foto yang Anda hasilkan lebih baik daripada menggeram.Tentu saja masih ada beberapa trik lain yang dapat Anda gunakan dalam teknik pemotretan ponsel seperti mengatur fokus dan eksposur secara manual, tetapi 9 cara di atas  sudah cukup untuk menjadi pedoman dasar yang dapat Anda sempurnakan terlebih dahulu untuk mencoba teknik lainnya. (*)

Baca: Ciri- Ciri Dan Keistimewaan Pada Malam Lailatul Qadar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.