2Banner GIF 2021

Kadin Sulteng: Perlu Sinergitas Jaga Stabilitas Ekonomi

Kadin Sulteng: Perlu Sinergitas Jaga Stabilitas Ekonomi
Foto: Pelaksanaan Musyawarah Kadin Parigi Moutong.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Sulawesi Tengah menyebut perlu ada sinergitas antara pemerintah dan organisasi. Guna menjaga stabilitas perekonomian.

“KADIN memiliki jaringan yang luas, bisa membantu pemerintah memasarkan produk industri, pertanian dan sebagainya,” ungkap Wakil Ketua bidang Hukum dan Kebijakan Publik KADIN Sulteng Hardy D Yambas saat memberikan arahannya pada musyawarah kabupaten ke-IV KADIN Parigi Moutong, di Parigi, Kamis 17 Desember 2020.

Stabilitas ekonomi diperlukan, apalagi saat ini negara sedang dilanda bencana non-alam Covid 19. Yang berdampak pada sejumlah sektor, tidak terkecuali perekonomian nasional.

Baca juga: Minyak Kelapa Kampung Premium, Industri Parimo ‘Go Nusantara’

Kadin menginginkan adanya kolaborasi terjalin dengan Pemerintah daerah Parigi Moutong dalam rangka meningkatkan perekonomian.

“Kabupaten ini memiliki sejumlah sektor yang potensial, salah satunya pertanian. Kenapa tidak menggandeng KADIN mencari solusi untuk meningkatkan perekonomian daerah, sebab KADIN memiliki jaringan yang luas,” tuturnya.

Menurut dia, KADIN merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang perekonomian diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri memiliki peran membantu pemerintah meningkatkan perekonomian nasional dan daerah melalui program kerja mereka.

Baca juga: PAD Parigi Moutong dari Sektor Pajak Naik 18 Persen

Sementara itu, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Parigi Moutong Kamiludin Pasau mengatakan. Kadin sebagai salah satu organisasi bergerak di bidang perekonomian, diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah.

“Mitra pemerintah utamanya pada sektor pembangunan dan peningkatan ekonomi daerah,” sebutnya.

Sebagai mitra, tentunya harus saling memberikan motivasi dan masukkan, serta dapat memberikan solusi setiap ada kendala maupun permasalahan.

Baca juga: RPJMD Prioritaskan Sektor Pariwisata Khatulistiwa

Ia mengatakan, jika kerja sama dapat terjalin dengan baik. Tentunya, akan berdampak positif dan semakin maju baik melalui sektor industri dan perdagangan.

Musyawarah ke-IV KADIN Parigi Moutong yang bertajuk meningkatkan peran dan fungsi KADIN menghadapi tantangan ekonomi terbuka. Sekaligus dirangkaikan pemilihan ketua baru untuk periode selanjutnya.

Baca juga: Pemprov Sulawesi Tengah Raih Terbaik Pertama Lomba Inovasi Daerah

Kandidat Ketua Kadin Parimo Sulteng

Dalam pencalonan, dua figur kandidat akan bertarung mengisi jabatan pimpinan. Keduanya yakni Agusalim N Hampeng yang berlatarbelakang sebagai pengusaha. Dan Fara Diba berangkat dari dunia jurnalistik sekaligus enterpreneur.

Kedua kandidat Kadin Parimo mengadu gagasan lewat visi-misi. Agusalim misalnya, menawarkan visi mewujudkan UMKM yang kuat, produktivitas meningkat, maju dan berdaya saing serta sejahtera bersama.

Sementara Fara Diba mengusung visi, memajukan KADIN sebagai wakil kepentingan dunia usaha untuk meningkatkan perekonomian Parigi Mouting yang berdaya saing serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Walikota: Sektor Jasa Jadi Tumpuan Ekonomi Kota Palu

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post