fbpx

Jumlah Positif Corona Kota Palu Bertambah Menjadi Tujuh, Update 11 April 2020

waktu baca 2 menit
Jumlah Positif Corona Kota Palu Bertambah Menjadi Tujuh, Update 11 April 2020

Kota Palu, gemasulawesi.com Data per 11 April 2020, jumlah positif virus corona Kota Palu bertambah menjadi tujuh orang.

Berdasarkan penelusuran ke website resmi dinkes.sultengprov.go.id, perkembangan data terkini per 11 April 2020 pukul 15.00 WITA. Total kasus PDP adalah 11 orang, diantaranya delapan orang terkonfirmasi laboratorium.

Hingga saat ini, sudah tujuh orang dinyatakan konfirmasi positif virus corona Kota Palu.

Sementara itu penjelasan dari Jubir Pusdatina virus corona atau covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah Haris Kariming mengatakan. Jumlah kasus positif virus corona Sulawesi Tengah per 11 April 2020, bertambah lima kasus.

“Saat ini, totalnya menjadi 19 orang kasus positif di Sulawesi Tengah dan sudah sesuai dengan rilis data Gugus covid-19 nasional,” jelasnya.

Penambahan lima PDP virus corona pada hari ini adalah satu PDP rujukan RSUD Morowali yang dirawat di RSUD Undata, satu PDP rujukan RS Buol yang dirawat di RSUD Tolitoli dan tiga PDP yang dirawat di RS Anutapura.

Selanjutnya, pada hari ini ada enam orang PDP hasil laboratorium resmi uji swab tahap pertama di nyatakan negatif yaitu ssatu orang yang dirawat RS Woorwar, satu orang yang dirawat RS Tolitoli, tiga orang yang dirawat RS Anutapura dan satu orang yang dirawat RS Anuntaloko.

“Data hasil laboratorium bersifat rahasia medis,” singkatnya.

Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah telah menerima surat resmi hasil laboratorium status positif dan negatif PDP itu.

Dan sesuai dengan SOP, telah dikoordinasikan perkembangan terkini jumlah Positif dan Negatif ke Gugus Tugas Virus Corona (Covid-19) Nasional Kemenkes RI.

“Pada tabel bertambahnya jumlah yang positif adalah kenyataan masih kurangnya disiplin warga Sulawesi Tengah untuk mematuhi himbauan pemerintah. Dalam partisipasi penanganan virus corona, pemerintah, TNI dan Polri harus lebih tegas dlm mendukung pemerintah,” tegasnya.

Dalam pencegahan covid-19 di Sulawesi Tengah, Dinkes Sulawesi Tengah lakukan upaya penanganan untuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan, diantaranya:

  1. Melakukan sistem kewaspadaan dini dan respon (SKDR) di fasilitas kesehatan tingkat pertama pada Petugas Surveilas dn berkoordinasi dengan suveilans Dinkes Kabupaten atau Kota.
  2. Dinkes melakukan Perekrutan Relawan Bersama Organisasi Profesi (PAEI), sambil berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam kesiapsiagaan melakukan screening dan memberikan Kartu HAC (Health Alert Card) di pintu masuk.
  3. Menyiapkan media Komunikasi dan Informasi serta Edukasi (KIE)
  4. Dinkes memfasilitasi alat deteksi dini (Thermal Scanner) alat pengukur suhu kepada semua OPD.
  5. Memfasilitasi Rapid Tes dan APD ke Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota serta Rumah Sakit.

Baca juga: Positif Corona Sulawesi Tengah Menjadi 19 Orang

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.