Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Jubir Covid19: Perjuangan Pemda Merdeka Lawan Covid19

Jubir Covid19: Perjuangan Pemda Merdeka Lawan Covid19
Foto: Pemda merdeka lawan covid19.

GemasulawesiJuru Bicara Pemerintah Penanganan Covid19 Wiku Adisasmito menilai perjuangan Pemda merdeka lawan covid19 akan menjadi sangat bermakna.

“Olehnya saya mendorong pemerintah daerah terus meningkatkan upaya pengendalian Covid19 di daerah yang telah dilakukan saat ini,” ungkap Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa 17 Agustus 2021.

Dia menyebut, dalam usaha perjuangan Pemda merdeka lawan covid19 ini perlu setidaknya tiga modal utama membutuhkan penguatan secara terus menerus.

Baca juga: BUMN Bakal Diberikan Tambahan Penyertaan Modal Negara

Tiga modal utama usaha perjuangan Pemda merdeka lawan covid19 yakni kepatuhan protokol kesehatan, penguatan kebijakan dan koordinasi, dan kesiapan fasilitas kesehatan.

Wiku meyakini, dengan ketiga modal usaha perjuangan Pemda merdeka lawan covid19, seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah secara disiplin dan konsisten akan membuat bangsa Indonesia merdeka dari virus corona.

Namun kata dia, Indonesia perlu menyusun rencana jangka panjang agar bisa memberikan respon tepat dalam penanganan Covid19.

“Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid19 memberikan respon beragam dari berbagai macam negara yang tentunya menyesuaikan karakteristik dan kapasitas masing-masing negara. Karena itu, kita tidak semata-mata menyamakan definisi merdeka dari virus corona bagi setiap negara,” sebutnya.

Baca juga: Tidak Terkendali, Kota Palu Terus Alami Penambahan Positif Covid19

Perjuangan pengendalian Covid19 modal kuat bangsa Indonesia merdeka dari pandemi

Dia mengatakan, perjuangan pengendalian Covid19 selama ini menjadi salah satu modal kuat bangsa Indonesia merdeka dari virus corona.

Dia berpendapat, pembelajaran satu setengah tahun melakukan pengendalian Covid19, ditambah pengalaman menangani pandemi penyakit lainnya di masa lalu, maupun kondisi darurat atau bencana seringkali dihadapi Indonesia.

“Hal itu, khususnya menjadikan kita menjadi bangsa kuat dan tangguh,” kata dia.

Baca juga: Satgas Belum Pastikan Covid19 Jadi Endemi Tahun 2022

Dia berharap, upaya bersama seluruh pihak untuk lebih preventif mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid19.

Secara khusus, dia berpesan kepada daerah dengan angka penularan kasus Covid19 masih tinggi, agar terus berupaya semaksimal mungkin dalam mempercepat reaksi, dan mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid19 di masa mendatang.

“Khusus kepada pemerintah daerah di provinsi yang masih angka kasus positif penularan dan kematiannya masih tinggi, ingatlah keberhasilan anda dalam mengendalikan kasus bukan hanya akan bermanfaat bagi daerah masing-masing tetapi juga bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan,” tutupnya. (***)

Baca juga: Parigi Moutong Gelar Operasi Yustisi Prokes Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post