fbpx

Jual Amunisi ke KKB, Kapolda Papua Pastikan Berikan Sanksi Tegas

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Hukum, gemasulawesi – Jual beli amunisi dan senjata api ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri mengingatkan kepada seluruh anggotanya, akan beri sanksi tegas kepada anggota yang terlibat jual beli amunisi dengan jaringan KKB di sejumlah wilayah Papua.

Sebab, anggota yang kedapatan membeli dan menjual amunisi dan senjata api akan langsung diproses hukum dan tidak ada pengampunan.

“Kami ingatkan anggota yang nakal. Ada aturan di Polri dan TNI bagi yang terlibat jual beli senjata dan amunisi, tentu hukumnya akan ditaati,” ucap Fakhiri usai kegiatan Bhakti Kesehatan di RS Bhayangkara, Kepolisian Daerah Papua, Jumat 17 Juni 2022.

Fakhiri mengatakan, Polri dan TNI selalu bekerja sama untuk menjaga secara ketat pembelian dan penjualan senjata api dan amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Baca: Sukseskan Pilpres 2024, Gerindra-PKB Sepakat Berkoalisi

Ia menambahkan, pihaknya akan menindak afiliasinya yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan di unit atau lembaga masing-masing, dan akan diproses secara hukum.

Sementara itu, Kabid Papua Propam Kombes, Pol. Gustav R. Urbinas mengatakan pihak Propam Polda Papua akan menindak anggota Polri, khususnya di wilayah Polda Papua, yang melakukan pelanggaran baik dalam kasus-kasus besar maupun kecil.

“Untuk prosedur penuntutan pidana, tentunya bagi anggota Polri yang menyalahgunakan kekuasaan atau melakukan tindak pidana, misalnya jual beli amunisi atau perkara-perkara besar lainnya, ditetapkan tindakan penindakan yang akan dilakukan baik yang berkaitan dengan hukum profesi. pelanggaran umum dan internal Peraturan kepolisian itu sendiri, yang harus diikuti baik dengan memeriksa kode etik, maupun disiplin polisi. Setelah itu, pihak yang bersangkutan menerima keputusan Inkrach dari pengadilan negeri atas pelanggaran yang dilakukan,” jelasnya. (*Ikh)

Baca: Peringatan Dini BMKG: Sulawesi Tengah Waspada Hujan Disertai Petir

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.