Jelang Pemilu, Disdukcapil Parimo Utamakan KTP-El Pemula

0
41
Ilustrasi KTP-El (Dokumentasi, hetanews.com)
SHARE

Parimo, gemasulawesi.com- Jelang Pemilihan umum (Pemilu), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), utamakan layanan perekaman dan penerbitan KTP-El bagi warga yang belum memiliki KTP-El (Pemula).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parimo, Lewis kepada gemasulawesi.com di ruang kerjanya, Jumat, 8 Maret 2019. Ia mengatakan, pihaknya saat ini berupaya memenuhi tuntutan Direktorat Jendral (Dirjen) Disdukcapil dan Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

“Berdasarkan arahan, 70% blanko yang ada diberikan kepada warga yang  baru pertama kali memiliki KTP-El (Pemula),” ujarnya.

Terkait hal itu kata dia, pihaknya enggan mencetak KTP-El secara massal karena blanko yang dimiliki masih terbatas dan lebih memprioritaskan warga yang baru memiliki KTP-El. Sejak awal tahun 2019 hingga kini lanjut dia, pihaknya sudah mencetak sekitar 6000 KTP-El, dengan warga kategori pemula rata-rata 20 orang per harinya.

“Kecuali mereka yang mengurus sendiri dan memang sifatnya urgen, seperti untuk kepentingan pekerjaan atau kesehatan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, terjadi peningkatan yang signifikan untuk pengurusan data kependudukan sejak dua bulan terakhir. Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari sosialisasi sejumlah pihak terkait, tentang pentingnya data kependudukan saat ini, sehingga mengangkat animo masyarakat untuk mau mengurus data kependudukannya.

“Yah, semua tidak terlepas dari peran serta seluruh pihak yang ikut mensosialisasikan, termaksud yang terlibat dalam kontestasi politik,” tutupnya.

Laporan: Muhammad Rafii


SHARE

Tinggalkan Balasan