Jelang Idul Adha, Pemda Parigi Moutong Siapkan 32 Ekor Hewan Kurban

waktu baca 2 menit
Ternak Hewan Sapi dan Kambing Siap Kurban (Ilustrasi Gambar)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Jelang Idul Adha 1443 Hijriah, Pemerintah Daerah Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, siapkan 32 ekor hewan ternak yang terdiri dari sapi dan kambing sebagai kurban.

Hal itu diungkapkan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Parigi Moutong, Drs Mahfuz, di Parigi, Rabu 06 Juli 2022.

“Data awal, jumlahnya sudah mencapai 32 ekor sapi dan kambing,” ucap Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Parigi Moutong, Drs Mahfuz, di Parigi, Rabu 06 Juli 2022.

Puluhan sapi dan kambing kurban tersebut berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Parigi Moutong.

Baca: Puluhan KK Terdampak Banjir di Kabupaten Luwu Utara

Diantaranya Sapi Kurban Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu, Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, RSUD Anuntaloko Parigi, Dinas PUPRP, Dinas PMPST dan Dinas PMPD.

Kemudian, BPKAD, BPBD, Bappelitbangda, Disdikbud, Badan Kesbangpol, DPRD, Kepala Bagian Setda, Dinas TPHP dan Kementerian Agama.

“Kemungkinan masih ada tambahan jumlah hewan kurban,” tuturnya.

Kemudian, OPD berkurban ternak kambing dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

Ia mengatakan, jumlahnya bervariasi, satu sampai dua ekor setiap OPD.

Rencananya, pemotongan hewan kurban akan dilakukan jelang shalat Idul Adha. Namun, jumlah sapi yang berjumlah 32 ekor itu tidak sepenuhnya dikelola langsung bidang Kesra.

OPD mandiri untuk ternak qurban adalah Kementerian Agama, Dinas Peternakan dan Kesehatan serta Dinas Koperasi, dan UMKM, Dinas PUPRP.

“Jadi kami hanya memotong satu atau dua ekor, saja” katanya.

Daging Kurban akan dibagikan kepada yang membutuhkan, suku terpencil di Kecamatan Siniu. Bahkan menjangkau mualaf di Desa Gangga di Kecamatan Parigi Selatan.

Sebenarnya ke berbagai pesantren di daerah Parigi, Desa Dolago, Kecamatan Parigi Selatan dan Kecamatan Siniu.

Sebelum penyembelihan hewan kurban, kata dia, akan dilakukan proses pemeriksaan untuk memastikan ternak dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Jumat, 08 Juli 2022, pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati,” ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah sapi bervariasi dari satu hingga dua. Seperti layanan PUPRP, ada empat, Kementerian Agama ada tiga ekor, dan dua berasal dari Bupati, BPKAD, dan layanan PMD. (*/Ikh)

Baca: Dugaan Penganiayaan Anak Diatas Kapal, Polisi Makassar Dalami Kasus

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.