Jangkau Harga Pangan Lebih Murah, Ini Solusi Disketan

0
219
Jangkau harga pangan berkualitas jadi lebih murah, Toko Tani jadi solusi Dinas Ketahanan Pangan (Disketan) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.
Kadis Ketahanan Pangan, Kabupaten Mamuju, Hariani Wahid (Foto: Aqil)

Mamuju, gemasulawesi.com Jangkau harga pangan berkualitas jadi lebih murah, Toko Tani jadi solusi Dinas Ketahanan Pangan (Disketan) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.

Toko Tani Indonesia Center (TTIC) diklaim sebagai program yang mampu menolong warga Mamuju untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.

“Toko tani menyediakan berbagai komoditas pangan. Contohnya, sayuran, cabai, bawang merah, tomat, bawang putih, minyak goreng, telur dan gula,” jelas Kadis Ketahanan Pangan, Kabupaten Mamuju, Hariani Wahid, di ruang kerjanya, Selasa, 12 Agustus 2019.

Menurutnya, TTIC mampu menjaga kestabilan bahan pangan yang ada di Mamuju. Karena cara kerja TTIC yang memotong rantai pasokan yang panjang.

Ia mengatakan, pihaknya langsung mengambil komoditas pangan yang sudah dipanen dari petani. Sehingga, nilai jualnya berada di bawah harga yang ada di pasar.

“Melalui TTIC, suplier dan distributor pangan dapat memasarkan langsung komoditasnya. Sehingga tercipta kestabilan harga yang ditetapkan pemerintah,” tegasnya.

TTIC kata dia, merupakan program adopsi dari Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian. Pihaknya menggunakan APBD menjalankan program TTIC hingga saat ini.

Diketahui, program TTIC untuk jangkau harga pangan lebih murah sudah berumur satu tahun sejak diluncurkan 5 Mei 2018.

“Namun, kami masih memiliki kendala. Sebab, TTIC belum memiliki lokasi khusus. Hanya memanfaatkan Kantor Dinas Ketahanan Pangan,” keluhnya.

Harapannya, TTIC berlokasi ditempat yang strategis. Lokasi yang mudah diakses warga dan suplier bahan pangan.

“Warga dapat mengunjungi TTIC yang dipusatkan di kantor Dinas Ketahanan Pangan Jl Nelayan Nomor 16 Mamuju, Sulawesi Barat,” pungkasnya.

Laporan: Aqil Azizi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here