Beranda Sulawesi Sulbar Jangkau Harga Pangan Lebih Murah, Ini Solusi Disketan

Jangkau Harga Pangan Lebih Murah, Ini Solusi Disketan

Mamuju, gemasulawesi.com Jangkau harga pangan berkualitas jadi lebih murah, Toko Tani jadi solusi Dinas Ketahanan Pangan (Disketan) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.

Toko Tani Indonesia Center (TTIC) diklaim sebagai program yang mampu menolong warga Mamuju untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.

“Toko tani menyediakan berbagai komoditas pangan. Contohnya, sayuran, cabai, bawang merah, tomat, bawang putih, minyak goreng, telur dan gula,” jelas Kadis Ketahanan Pangan, Kabupaten Mamuju, Hariani Wahid, di ruang kerjanya, Selasa, 12 Agustus 2019.

Menurutnya, TTIC mampu menjaga kestabilan bahan pangan yang ada di Mamuju. Karena cara kerja TTIC yang memotong rantai pasokan yang panjang.

Ia mengatakan, pihaknya langsung mengambil komoditas pangan yang sudah dipanen dari petani. Sehingga, nilai jualnya berada di bawah harga yang ada di pasar.

“Melalui TTIC, suplier dan distributor pangan dapat memasarkan langsung komoditasnya. Sehingga tercipta kestabilan harga yang ditetapkan pemerintah,” tegasnya.

TTIC kata dia, merupakan program adopsi dari Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian. Pihaknya menggunakan APBD menjalankan program TTIC hingga saat ini.

Diketahui, program TTIC untuk jangkau harga pangan lebih murah sudah berumur satu tahun sejak diluncurkan 5 Mei 2018.

“Namun, kami masih memiliki kendala. Sebab, TTIC belum memiliki lokasi khusus. Hanya memanfaatkan Kantor Dinas Ketahanan Pangan,” keluhnya.

Harapannya, TTIC berlokasi ditempat yang strategis. Lokasi yang mudah diakses warga dan suplier bahan pangan.

“Warga dapat mengunjungi TTIC yang dipusatkan di kantor Dinas Ketahanan Pangan Jl Nelayan Nomor 16 Mamuju, Sulawesi Barat,” pungkasnya.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan

Must Read

Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Mepanga Parigi Moutong

Parimo, gemasulawesi.com- Gempa guncang Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah dengan Magnitudo 3,4. Persisnya terletak di Kecamatan Mepanga. BMKG menyebutkan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. BMKG...

Dugaan Korupsi Pengadaan Alkes Poso, Berpotensi Seret Nama Lain

Palu, gemasulawesi.com- Dugaan Tindak Pidana Korupsi pengadaan Alat kesehatan (Alkes), di Kabupaten Poso Sulawesi tengah (Sulteng), berpotensi menyeret bebeberapa nama lain. Pasca Kejaksaan tinggi (Kajati)...

Upah Minimum Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 Naik 8,51 Persen

Parimo, gemasulawesi.com- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah memutuskan kenaikan Upah Minimum Provinsi Sulawesi tengah (Sulteng) Tahun 2020 naik menjadi 8,51 persen. Ketentuan Kemnaker terkait kenaikan Upah...

Ini Empat Formasi Penerimaan CPNS 2019 Dengan Kuota Terbanyak

Parimo, gemasulawesi.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) merilis formasi penerimaan serta pengumuman CPNS yang akan dilaksanakan minggu ke empat Oktober...

Seleksi CPNS 2019, Ini Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Parimo, gemasulawesi.com- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 telah diumumkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Masyarakat di seluruh Indonesia terkhusus...