Jalan Produksi Sedang Dibuka, Ini Reaksi Petani Desa Silanga

0
150
Jalan Produksi Bakal Terbuka, Ini Reaksi Petani Desa Silanga
Pemdes Silanga bersama Ketua TPK bersama Tokoh masyarakat Foto (Foto: Sidik)

Parimo, gemasulawesi.com Jalan produksi yang sedang dibuka Pemdes Desa Silanga, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mendapat reaksi positif dari petani setempat.

Hal tersebut diungkapkan tokoh masyarakat Desa Silanga, Tasman, di lokasi pembukaan jalan kantong produksi Desa Silanga, Jumat, 2 Juli 2019. Ia mengatakan, petani sangat bersyukur dengan dibukanya jalan kantong produksi.

“Dengan terbukanya akses transportasi, sangat membantu warga untuk mengangkut hasil perkebunan. Kini, jalur transportasi sudah terasa lebih dekat,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, manfaat lainnya yang bisa diperoleh warga adalah dengan membangun tempat tinggal di sekitar areal jalan tersebut. Sehingga roda ekonomi dapat berputar.

Pantauan gemasulawesi.com di lokasi pembukaan akses transportasi Desa Silanga, terlihat alat eskafator dan sejumlah kendaraan truk mengangkut bahan material untuk pengerasan jalan.

Kepala Desa Silanga, Zyein Muluk, yang dikonfirmasi gemasulawesi.com mengatakan, pembukaan akses jalan menggunakan Dana Desa Silanga tahun 2019.

“Kami memprogramkan akses jalan tersebut, guna memudahkan warga desa mengangkut hasil perkebunannya,” tuturnya saat meninjau lokasi pembukaan akses transportasi bersama Ketua TPK-LPMD Desa Silanga, Syarifudin H bersama anggota Imran, Dedi Gunawan, Muhajir dan Tasman.

Pembukaan jalan kata dia, merupakan program Pemdes Silanga dari hasil musyawarah dengan masyarakat dan tokoh masyarakat. Disepakati sejumlah warga Desa Silanga menghibahkan lokasinya untuk dijadikan jalan kantong produksi desa.

Berikutnya, untuk program Desa silanga Tahun 2019, target pekerjaan sepanjang 1350 meter, terealisasi hingga 1700 meter. Pekerjaan tersebut merupakan lanjutan dari program pembukaan jalan kantong produksi Tahun 2018 dengan target 700 meter, dengan realisasi hingga 800 meter.

Ia menambahkan, pembangunan tersebut satu paket dengan pekerjaan fisik lainnya berupa pembuatan drainase tahap satu dan pengerjaan plat deker tahap dua.

“Selain akses transportasi jalan produksi, juga diperuntukkan menuju sarana sekolah yang ada di desa Silanga. Dengan terbukanya jalan, diharapkan warga Desa Silanga dapat merawat dengan baik,” tutupnya.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan